Bulan Penuh Berkah! Ini Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani Selama Ramadan

Bulan Penuh Berkah! Ini Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani Selama Ramadan

Manfaat puasa untuk kesehatan jasmani dan rohani.-Foto: Unsplash.com/MasjidPogungDalangan-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pada bulan suci Ramadhan orang juga merasakan hawa dan suasana yang berbeda. Puasa bukan hanya menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Namun di balik itu ada banyak manfaat positif untuk jiwa dan raga.

Menjalani ibadah puasa padabulan Ramadhan wajib hukumnya bagi umat muslim yang sudah baligh dan memenuhi syarat. Bagi mereka yang sudah memenuhi ketentuan dan tidak mau menjalaninya maka akan berdosa. 

Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Kedokteran Digital Terintegrasi Indonesia (Perdigti) itu mengatakan banyak penelitian di dalam maupun luar negeri yang telah membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan.

Menurut dia, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mendefinisikan kesehatan sebagai keadaan mental, fisik, dan sosial yang lengkap, sehingga bukan sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan.

BACA JUGA:

Melaksanakan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan tidak hanya sekadar menjalankan perintah agama. Namun ada hikmah untuk kesehatan jasmani dan rohani di baliknya. 

Secara jasmani, menjalankan puasa dapat memperbaharui sel-sel dalam tubuh dan membuang sel-sel yang telah mati.

Dengan puasa mendapatkan kesempat untuk istirahatkan dan dibersihkannya perut dan organ pencernaan dari sisa-sisa makanan yang tidak bisa dicerna terhadap tubuh.

Sedangkan untuk kesehatan rohani yang ditimbulkan dari puasa adalah mendapat bimbingan dari Allah SWT. Melindungi dari kehinaan, hati tidak diliputi hasad (iri) juga terhindar dari penyakit syubhat dan syahwat buruk yang sekarang merajalela di masyarakat kita.

BACA JUGA:

Berpuasa merupakan sesuatu yang sangat menyehatkan juga diakui oleh sejumlah ilmuwan barat dengan menyebutnya sebagai "intermittent fasting" atau puasa intermiten (berjeda).

Beberapa kesehatan jasmani yang bisa kamu rasakan di antaranya:

  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kesehatan otak
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mencegah peradangan
  • Dapat mengontrol kadar gula darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: