Bacaan Doa Ziarah Kubur Orang Tua Jelang Bulan Suci Ramadhan Lengkap Dan Sesuai Syariat Islam

Bacaan Doa Ziarah Kubur Orang Tua Jelang Bulan Suci Ramadhan Lengkap Dan Sesuai Syariat Islam

Doa ziarah kubur menjelang bulan suci ramadhan.-Foto: Unsplash.com/SimonHurry-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Doa ziarah kubur merupakan salah satu amalan dalam berziarah yang sudah menjadi kebiasaan atau tradisi masyarakat muslim yang ada di Indonesia jelang Ramadhan. Salah satunya mengunjungi makam orang tua yang telah meninggal dunia.

Ziarah kubur bertujuan untuk mengingatkan manusia yang masih hidup akan kematian. Selain itu, berziarah kubur juga dapat meningkatkan kezuhudan seseorang terhadap kehidupan duniawi. 

Bahkan, Rasulullah SAW sendiri diajak oleh ibunya untuk berziarah ke makam sang ayah. Tradisi ini dilanjutkan oleh Rasulullah SAW ketika ibunya wafat, sesuai dengan dasar dari hadits yang menyatakan,

زَارَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْرَ أُمِّهِ فَبَكَى وَأَبْك َى مَنْ حَوْلَهُ فَقَالَ اسْتَأْذَنْتُ رَبِّي فِي أَنْ أَسْتَغْفِرَ لَهَا فَلَ مْ يُؤْذَنْ لِي وَاسْتَأْذَنْتُهُ فِي أَنْ أَزُورَ قَبْرَهَا فَأُذِنَ لِي فَز ُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الْمَوْتَ

Artinya: "Nabi Muhammad SAW berziarah ke kuburan ibunya, lalu beliau menangis dan menangislah orang orang di sekitarnya. Beliau bersabda, 'Aku minta izin kepada Tuhanku guna memohonkan ampun kepada ibuku, namun Dia tidak memberi izin padaku. Dan aku minta izin untuk berziarah ke kuburannya, maka Dia memberi izin kepadaku. Karena itu, berziarahlah kalian ke kuburan-kuburan karena ziarah itu mengingatkan kepada kematian'." (HR Muslim, Ahmad, Ibnu Majah dan yang lainnya)

BACA JUGA:

Berikut ini merupakan penjelasan terkait doa ziarah kubur orang tua beserta syariat dan penjelasan terkait hukum ziarah kubur.

Doa Ziarah Kubur Orang Tua

 

1. Doa Pertama Membaca salam

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalamu'alaìkum dara qaumìn mu'mìnîn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun

Artinya : "Assalamuallaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian."

2. Doa Kedua Membaca Istighfar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: