Menurut Hadis, Ada Seseorang yang Terakhir Keluar dari Neraka dan Masuk Surga, Siapakah Dia?

Menurut Hadis, Ada Seseorang yang Terakhir Keluar dari Neraka dan Masuk Surga, Siapakah Dia?

Juhaniah, orang terakhir yang merangkak keluar dari neraka--Foto : tangkapan layar YouTube

JAKARTA.RADARPENA.DISWAY.ID - Dalam ajaran Islam, menjalankan perinta Allah dan memperbanyak amal shaleh semasa hidup, akan mendapatkan ganjaran surga oleh Allah SWT. 

Sebaliknya, apabila apabila seseorang tidak mau meengikuti perintah Allah dan melakukan perbuatan tidak baik, kelak akan masuk ke dalam neraka.

Beberapa ulama berpendapat, sebagian besar manusia akan mengalami siksaan neraka dalam bentuk penyucian dosa sebelum akhirnya diampuni dan diperbolehkan masuk ke surga.

Namun, terdapat pula ulama yang mengatakan bahwa orang yang memilik dosa besar atau kekafiran yang belum diampuni Allah akan masuk neraka sebelum nantinya akan diizinkan masuk surga.

BACA JUGA:

Akan tetapi, yang menentukan masuk neraka atau surga adalah mutlak hak Allah SWT, manusia akan ditimbang melalui amal perbuatan semasa hidup di dunia.

Dalam suatu hadits diriwayatkan pada saatnya penduduk neraka akan habis setelah mengalami penyucian, dan akan masuk surga. Lalu, siapakah yang akan keluar paling akhir dari neraka dan masuk ke surga Allah SWT?

Penduduk Neraka Paling Akhir Masuk Surga

Pada salah satu hadits diriwayatkan: "Sungguh ‘Aku tahu seorang penduduk neraka yang paling akhir keluar darinya, seorang penduduk surga yang paling akhir masuk ke dalamnya. Dialah seorang lelaki yang keluar dari neraka dengan merangkak".

Maka, Allah berkata kepadanya, ‘Pergilah, masuklah engkau ke dalam surga’. Lalu dia mendatangi surga, namun dikhayalkan kepadanya bahwa surga telah penuh.

BACA JUGA:

Maka, dia kembali seraya berkata, ‘Wahai Rabb-ku, aku mendapati surga telah penuh’. Allah tabaroka wa ta’ala berkata kepadanya, ‘Pergilah, masuklah engkau ke dalam surga!’. Sekali lagi dia mendatangi surga, namun kembali dikhayalkan bahwa surga telah penuh. Dia pun kembali seraya berkata, ‘Wahai Rabb-ku, aku mendapati surga telah penuh’.

Allah SWT berkata lagi kepadanya, ‘Pergilah, masuklah ke dalam surga! Sesungguhnya engkau memiliki semisal dunia dan sepuluh kalinya, atau engkau memiliki sepuluh kali dunia’. Nabi SAW bersabda, ‘Laki-laki itu berkata, ‘Apakah Engkau memperolok-olok aku, padahal Engkau adalah Raja?

Setelah berkali-kali menghadap Allah SWT, kemudian dengan rahmat-Nya, orang tersebut diberikan surga yang luasnya sepuluh kali dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: