Menurut Hadis, Ada Seseorang yang Terakhir Keluar dari Neraka dan Masuk Surga, Siapakah Dia?

Menurut Hadis, Ada Seseorang yang Terakhir Keluar dari Neraka dan Masuk Surga, Siapakah Dia?

Juhaniah, orang terakhir yang merangkak keluar dari neraka--Foto : tangkapan layar YouTube

Imam Al-Qurtubi dalam Mukhtashor Tazkirotul Qurtubi (hal.169) berkata:

وَإِنِّمَا قَالَ أَسْتَهْزِئُ بِيْ وَأَنْتَ الْمَلِكُ مِنْ شِدَّةِ الْفَرَحِ اَلَّذِيْ حَصَلَ لَهُ بِدُخُوْلِ الْجَنَّةِ نَظِيْرُ مَا وَرَدَ فِيْ صَحِيْحِ مُسْلِم في الَّذِي وَجَدَ رَاحِلَتَهُ فِي الْبَرِّيَّةِ بَعْدَ اَنْ كَانَ فَقَدَهَا وَظَنَّ اَلْمَوتَ مِنْ قَوْلِهِ اَللّٰهُمَ أَنْتَ عَبدِيْ وَأَنَا رَبُّكَ أَخْطَأَ مِنْ شِدَّةِ الْفَرَحِ

Atinya: Dan pastinya orang tersebut berkata “Apakah Engkau mengolok-ngolok aku padahal Engkau adalah Raja?” karena begitu gembiranya atas apa yang telah ia terima yaitu bisa memasuki surga. (Perkataan orang tersebut) semisal dengan cerita dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim tentang orang yang menemukan hewan tunggangannya di padang pasir setelah sekian lama kehilangan dan mengira (hewan tunggangannya) telah mati. Yaitu perkataannya “Ya Allah, Engkau adalah hambaku dan aku adalah Tuhanmu”. Pemiliki hewan tunggangan tersebut keliru (dalam berseru) karena sangat amat gembira.

BACA JUGA:

Penduduk Terlahir Neraka itu Bernama Juhaniah

Disebutkan dalam suatu hadits ari Abdillah Ibnu Umar bahwa orang tersebut berasal dari suku Juhainah, demikian juga panggilannya adalah Juhainah. Rasulullah SAW bersabda:

أخر من يدخل الجنة رجل من جهينة يقال له جهينة فيقول أهل الجنة عند جهينة الخبر اليقين

Orang terakhir yang masuk surga adalah seseorang dari suku Juhainah yang dipanggil Juhainah. Lalu, penduduk surga berkata, “Juhainah memiliki berita yang dapat dipercaya (mengenai orang mukmin yang masuk neraka)”. (HR. Al-Khotib)

Juhaniah merupakan seorang yang berimna, namun semasa hidupnya banyak sekali melakukan dosa sehingga ia harus mengalami siksa api neraka.

Juhaniah adalah orang terakhir yang keluar dari neraka, sehingga jJuhaniah memiliki informasi tentang siapa saja orang yang beriman yan gpernah masuk neraka.

Imam Al-Khotib menambahkan satu riwayat yang menyebutkan bahwa nama asli dari Juhainah adalah Hunad :

فيقول أهل الجنة سلوه هل بقي من الخلائق أحد وقد قيل ان اسم هذا الرجل هناد

Maka penduduk surga berkata “Tanyakan kepada Juhainah, apakah masih tersisa satu orang saja daripada makhluk (di neraka)”. Dan sungguh dikatakan bahwa sesungguhnya nama orang ini (Juhainah) adalah Hunad. Wallahu a’lam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: