10 Manfaat Vitamin B12 Bagi Fungsi Tubuh: Salah Satunya Baik untuk Sistem Saraf

10 Manfaat Vitamin B12 Bagi Fungsi Tubuh: Salah Satunya Baik untuk Sistem Saraf

Ilustrasi Vitamin B12 --tangkapan layar

Jika Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan gangguan neurologis, seperti kelemahan otot, kesulitan berjalan, dan kesulitan keseimbangan. 

Yang mana Vitamin B12 berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan melindungi saraf dari kerusakan.

6.  Pembentukan DNA dan RNA

Adapun Vitamin B12 adalah kofaktor yang penting dalam sintesis DNA dan RNA, molekul-molekul yang membawa informasi genetik. Dan itu sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan pemeliharaan sel.

BACA JUGA:Jaga Stamina saat Musim Hujan, Berikut 6 Rekomendasi Vitamin yang Wajib Dikonsumsi untuk Tingkatkan Imun Tubuh

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, Kekurangan Vitamin D Bisa Berdampak Buruk pada Tubuh, Ini Akibatnya

7. Pencegahan Risiko Gangguan Neurologi

Berikutnya, jika kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gangguan neurologis yang serius, termasuk neuropati perifer, yang dapat merusak saraf-saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. 

Perlu di catat, Pemenuhan kebutuhan vitamin B12 dapat membantu mencegah risiko gangguan ini.

8. Kesehatan Jantung

Vitamin B12 bisa berkontribusi pada kesehatan jantung dengan membantu dalam pemecahan homosistein, suatu senyawa yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular jika berada pada tingkat yang tinggi.

9. Pembentukan Sel Syaraf dan Sel Darah Putih

Vitamin B12 juga diperlukan untuk pembentukan sel syaraf dan sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

10. Pemeliharaan Fungsi Kognitif

Vitamin B12 telah terkait dengan fungsi kognitif dan pencegahan penurunan kognitif pada orang tua. Kekurangan vitamin B12 dapat berkontribusi pada risiko penurunan kognitif dan demensia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: