Uang Beredar di Daerah, Dampak Event Capacity Building Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu

 Uang Beredar di Daerah, Dampak Event Capacity Building Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu Dhita Aditya Nugraha saat memberi materi di Curup Rejang Lebong Foto : ist--

BENGKULU,RADARPENA.CO.ID-Ekonomi akan tumbuh melesat  antara lain karena  kegiatan produktif  di  diselenggarakan di daerah.

Logika yang terjadi adalah, uang tersebut  beredar ditempat pusat kegiatan

Pemakaian biaya-biaya seperti untuk   transportasi, konsumsi, akomodasi dan perhotelan  bisa dipetik langsung oleh daerah lokasi dilaksanakannya acara atau event.

Efek rembesan, atau multiflier effect  memilih daerah sebagai tempat acara akan deras mengalir, akibat aktivitas ekonomi yang sedang berlangsung.

Aktvitas itu seperti kebutuhan properti hotel, antara lain makan minum, penginapan, laundry dan lain sebagainya. 

Multiflier effect adalah keadaan dimana perubahan dalam pengeluaran suatu sektor ekonomi akan menghasilkan perubahan yang lebih besar dalam pendapatan nasional atau daerah secara keseluruhan.

BACA JUGA:Intip Bocoran Xiaomi 14 Ultra yang Siap Rilis Akhir Februari Ini, Makin Canggih Dengan Fitur Kamera Barunya!

BACA JUGA:Manuver Jokowi Menahan Laju Hak Angket, Berikut Ulasan Pangi Syarwi Chaniago

Dalam istilah sederhana, setiap unit pengeluaran baru akan menciptakan pendapatan tambahan yang melebihi nilai unit pengeluaran tersebut.

Contohnya, saat Hotel terisi penuh dengan tamu, (peserta pelatihan), kebutuhan konsumsi, biasanya include oleh pihak hotel, alhasil kebutuhan belanja hotel meningkat, seperti membeli beras, sayur mayur, buah-buahan, bumbu-bumbu masak dan lain sebagainya. 

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu Dhita Aditya Nugraha menegaskan Bank Indonesia tahun 2024 ini mengalihkan strategi pelaksanaan Capacity Building bagi 25 Jurnalis ekonomi di Bengkulu memilih Curup Rejang Lebong sebagai pusat pelaksanaannya.

''Kita sengaja agar kegiatan 3 hari di Curup dari 19 - 21 Februari  ini bisa berdampak kepada sektor ekonomi di sini, ''ujarnya.

Dari kegiatan kecil di daerah-daerah seperti ini mampu merangsang, pergerakan sektor bisnis akibat dari multiflier effect.

Seperti yang diwartakan sebelumnya, Bank Indonesia bersama 25 Jurnalis Bengkulu menggelar capacity building di Tanah Jang Pat Petulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: