Tersangka Pemimpin Goliath Tabuni KKB Dipindahkan ke Mimika, Ini Catatan Kriminalnya

Tersangka Pemimpin Goliath Tabuni KKB Dipindahkan ke Mimika, Ini Catatan Kriminalnya

Satgas Damai Cartenz memindahkan tersangka KKB Alenus Tabuni, Kamis 22 Februari 2024-Foto: Humas Polri -

JAYAPURA, RADARPENA.CO.ID- Proses penyidikan terhadap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Alenus Tabuni alias Kobuter, pimpinan Goliath Tabuni, terus berlanjut.

Tersangka sebelumnya berhasil diamankan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 pada minggu 18 Februari 2024, di depan Puskesmas Distrik Ilaga Kabupaten Puncak.

Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat (Humas) Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini tersangka Alenus Tabuni alias Kobuter telah dipindahkan dari Ilaga Kabupaten Puncak ke Kabupaten Mimika.

BACA JUGA:KKB Papua Tembaki Pesawat Wings Air yang Akan Mendarat di Dekai, Satu Orang Terluka

Alenus dipindahkan pada Kamis 22 Februari 2024, pukul 06.00 WIT menggunakan pesawat Caravan PK-NGA.

"Tersangka tiba pukul 08.15 WIT dan dikawal oleh personel Sat Reskrim Polres Puncak dipimpin Kasat Reskrim Puncak Iptu Nur Kholis,” jelas Humas.

Bayu Suseno mengungkapkan, proses pemeriksaan intensif yang saat ini tengah dilakukan oleh personel Satgas Gakkum Unit Investigasi Ops Damai Cartenz di Timika untuk mengungkap sejumlah catatan kriminal yang dimiliki oleh Alenus Tabuni alias Kobuter.

"Hal ini dilakukan dalam rangka mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum serta memberikan rasa keadilan bagi para korban,” ungkapnya.

BACA JUGA:Kontak Tembak TNI Polri dengan KKB, 3 Orang Tewas Ditembak

Alenus Tabuni alias Kobuter juga terlibat dalam membantu pimpinan KKB, Numbuk Telenggen, dengan membawakan amunisi dan senjata api saat terjadi kontak tembak, serta menyimpan serta mengamankan amunisi beserta senjata api.

Saat ini tersangka sedang menjalani pemeriksaan di posko Ops Damai Cartenz 2024 wilayah Timika, terkait dengan aksi-aksi Kriminal yang pernah dilakukan, bersama barang bukti lainnya yang belum terungkap, masih dalam tahap penyelidikan oleh penyidik Ops Damai Cartenz-2024.

"Hal ini sejalan dengan komitmen Ops Damai Cartenz-2024 dalam menegakkan hukum dan menciptakan keamanan di wilayah Papua,” tegasnya.

Dari keterangan tertulis Satgas Damai Cartenz-2024, berikut ini deretan catatan kriminal yang dilakukan Alenus Tabuni alias Kobuter; 

1. Pada tanggal 11 Februari 2021, terlibat dalam pembakaran basecame milik PT.Unggul di Kampung Jenggerpaga, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: