Batas Waktu Ganti Qadha Puasa Sebelum Ramadhan 2024, Ini Penjelasan Ustaz Syafiq Riza Basalamah

Batas Waktu Ganti Qadha Puasa Sebelum Ramadhan 2024, Ini Penjelasan Ustaz Syafiq Riza Basalamah

Ustaz Syafiq Riza Basalamah jelaskan batas waktu ganti qadha puasa sebelum Ramadhan 2024--Instagram @syafiqrizabasalamah_official

Mereka berkata; Asalkan memungkinkan, Sayidah Aisyah menyempurnakan qadha puasanya.

BACA JUGA:

Puasa Ramadhan adalah ibadah tahunan yang dijalankan umat Islam. Pada tahun-tahun berikutnya, berbuka puasa Ramadhan pertama seperti shalat wajib tidak lagi dimungkinkan. 

Jika ada hutang puasa dari tahun sebelumnya, wajib mengqadha puasanya. Bagi yang lupa jumlah hutang puasa, Ustaz Syafiq Riza Basalamah menyarankan cara membayarnya.

Melalui channel YouTube-nya, Ustaz Syafiq Riza Basalamah menyoroti pentingnya bertaubat kepada Allah SWT sebagai langkah pertama. 

Dia mengingatkan bahwa melewatkan puasa tanpa alasan yang jelas merupakan dosa besar, kecuali bagi mereka yang memiliki alasan seperti haid, perjalanan, sakit, atau usia lanjut.

Ustaz Syafiq menekankan kewajiban bagi yang berbuka karena sengaja membatalkan puasanya, menyatakan tanggung jawab untuk mengqadha dan memberikan kompensasi atas risiko sendiri. 

"Dia bertanggung jawab untuk memberikan kompensasi atas risikonya sendiri" kata Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

BACA JUGA:

"Beberapa ulama menyarankan bertaubat dan meningkatkan amal shaleh sebagai penyelesaian," lanjutnya.

Tentang utang puasa yang tak terhitung, Ustaz Syafiq menyarankan perdalam puasa Senin-Kamis dengan niat puasa wajib, atau puasa Daud untuk menggantikan yang tertinggal. 

“Bagaimana cara mengubahnya? Hal itu dapat dilakukan dengan memperdalam puasa Senin sampai Kamis dengan niat puasa wajib; Atau puasa Daud, namun tujuannya adalah menggantikan puasa wajib yang ditinggalkannya," jelas Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: