Siap-Siap! Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024 Bakal Dibuka, Ini Ketentuan Syarat dan Cara Daftarnya

Siap-Siap! Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024 Bakal Dibuka, Ini Ketentuan Syarat dan Cara Daftarnya

Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024 segera dibuka-@puslapdik_dikbud-Instagram

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemedikbudristek) melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) kembali membuka program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) tahun 2024.

Melansir dari akun resmi instagram @puslabdik_dikbud menerangkan bahwa pemerintah akan segera membuka pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024.

"Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka menggunakan data Nomor Induk Siswa nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pastikan NISN, NPSN, NIK calon peserta KIP Kuliah Tahun 2024 valid sesuai data yang tercatat  di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Kemendikbudristek ya" tulis ketereangan pada akun instagram @puslapdik_dikbud yang dikutip pada Selasa, 6 Januari 2024.

BACA JUGA:Calon Mahasiswa Perlu Tahu! Begini Cara Daftar dan Buat Akun KIP Kuliah 2024

KIP Kuliah adalah salah satu program bantuan biaya pendidikan dan uang saku bagi peserta didik di perguruan tinggi negeri (PTN) selama menjalani perkuliahan hingga lulus menjadi sarjana.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, merupakan fasilitas yang diberikan pemerintah untuk siswa berprestasi yang ingin melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi namun terkendala persoalan biaya karena masalah ekonomi.

Dengan adanya bantuan ini dapat memberikan akses yang luas bagi siswa yang ingin mendapatkan beasiswa untuk meringankan beban biaya kuliah.

Biasanya program KIP Kuliah akan dibuka secara bersamaan dengan pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) pada bulan Februari.

Pendaftaran mahasiswa baru jalur SNBP, yang berdasarkan nilai prestasi akan dimulai pada 14 Februari 2024. Artinya, pendaftaran KIP Kuliah 2024 juga akan dimulai pada waktu tersebut sampai jalur penerimaan UTBK-SNBT dan jalur mandiri setiap PTN.

Daripada berlama-lama, simak syarat pendaftaran yang harus dipenuhi dan cara mendaftar KIP Kuliah Merdeka tahun 2024.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlambat! Ini Cara Registrasi Terlengkap KIP Kuliah 2024

BACA JUGA:Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2024, Lengkap Benefit dan Persyaratannya!

Syarat Mendaftar KIP Kuliah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: