30 Januari Diperingati Hari Pelarian Nasional, Intip Sederet Sejarah Penting Lain Terjadi Hari Ini

30 Januari Diperingati Hari Pelarian Nasional, Intip Sederet Sejarah Penting Lain Terjadi Hari Ini

Ilustrasi tanggal 30 Januari --ist

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pada tanggal 30 Januari setiap tahunnya, diperingati sejumlah momen penting. Lantas, tanggal 30 Januari memperingati hari apa saja?

30 Januari Tahun 2024, terfokus pada Hari  Pelarian Nasional, Hari Primata Indonesia, menghargai keanekaragaman primata yang perlu dilestarikan. 

Hari Sekolah Tanpa Kekerasan dan Perdamaian menyoroti upaya menciptakan lingkungan belajar yang aman dan damai. 

Sementara Hari Pelarian Nasional mengingatkan kita akan tantangan yang dihadapi oleh para pengungsi, mendorong solidaritas dan dukungan global. 

Ketiga momen tersebut mengandung pesan penting tentang konservasi, keamanan di lingkungan pendidikan, dan empati terhadap mereka yang mengalami konflik dan perpindahan.

Simak penjelasan sejarah dari ketiga peristiwa penting tersebut.

BACA JUGA:

1. Hari Primata Indonesia

Hari Primata Indonesia (HPI) diperingati setiap tanggal 30 Januari sebagai momen penting untuk meningkatkan kesadaran akan perlindungan primata, kelompok hewan yang memiliki peran penting dalam ekosistem. 

Pada tahun 2024, perayaan HPI memasuki tahun ke-11, menggambarkan perjalanan panjang dalam upaya konservasi.

Pentingnya HPI tercermin dari langkah-langkah pemerintah Indonesia yang signifikan. Berdasarkan Buku Primata yang Dilindungi di Indonesia, HPI pertama kali dirayakan pada tahun 2014. 

Pada 2018, pemerintah secara resmi melindungi 37 spesies primata asli Indonesia dengan mengeluarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 mencantumkan 37 spesies primata yang dilindungi. 

Kelima keluarga primata tersebut meliputi monyet dunia lama, kera besar, owa, kukang, dan tarsius. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: