Berpergian ke Kraton Yogyakarta, Sempatkan Mampir Melihat Taman Sari, Rekreasinya Permaisuri Raja dan Keluarga

Berpergian ke Kraton Yogyakarta, Sempatkan Mampir Melihat Taman Sari, Rekreasinya Permaisuri Raja dan Keluarga

Taman Sari Tak jauh dari Keraton Yogyakarta nan indah Foto : Disway Yogyakarta--

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID -Jika kita berkunjung ke Keraton Kesultanan Yogyakarta. Kita bakal menemui sebuah taman nan indah yang diberi nama Taman Sari.

Taman ini hanya berjarak 10 menit berjalan kaki dari Istana Sultan ke arah Baratdaya. Taman Sari memiliki luas kurang lebih 10 Hektar dan memiliki 57 bangunan  yang berupa Gedung, Kolam Pemandian dan lain-lain.  

Dikutip dari laman budaya.jogjaprov.go.id disebutkan Taman Sari dibangun oleh Sultan Hamengkubowono I pada tahun 1757. 

Artinya Taman ini , jika dihitung dengan tahun sekarang di 2024 sudah berusia kurang lebih 370-an. Sebuah usia yang sangat tua mengiringi peradaban Kebudaan Indonesia khusus di Pulau Jawa.

Melalui sentuhan Hamengkubowono I, Taman Sari   ini mengambil gaya arsitektur Jawa dan Portugis.

Pada mulanya Taman Sari adalah taman air yang indah dan menawan.

Daerah di sebelah Timur Taman sampai ke perempatan Kota disebut Suryoputra.

BACA JUGA:Kemenparekraf Hadirkan 110 Event Unggulan dari Berbagai Daerah di KEN 2024

BACA JUGA:Gak Perlu ke Eropa, Ini 5 Daerah Bersalju di Indonesia, Mana Saja?

Segaran dalam Bahasa Jawa berarti laut buatan. Setiap kali Sultan mengunjungi taman tersebut, beliau akan mendayung perahu pribadinya melewati jembatan gantung yang disebut Kreteg Gantung. Kretek Gantung terletak di depan Gerban Kraton , ke arah Selatan atau Utara Kemandungan.

Bagian lain dari bangunan yang dulu terhubung dengan jembatan gantung masih dapat dilihat. Selain transportasi air, terdapat juga jalan bawah tanah atau terowongan dari Kraton Yogyakarta yang menuju salah satu bangunan di taman yang disebut pasarean Ledok Sari.

Kraton Yogyakarta didirikan oleh pangeran Mangkubumi pada abad XVII atau tepatnya1755. Keraton Yogyakarta merupakan pusat Pemerintahan Kasultanan Yogyakarta yang beribu Kota di Yogyakarta.

Salah satu fasilitas yang ada di Kota ini (Yogyakarta) adalah Taman Sari atau sering juga disebut Water Castle.Taman Sari adalah Taman kerajaan atau pesangrahan Sultan Yogyakarta, dan Permaisuri  dan keluarganya 

Jika anda dari luar Yogyakarta yang tertarik dan berminat untuk  menelusuri jejak masa lalu dari Tamannya Permaisuri Raja Jawa dan keluarga anda bisa berkunjung guna menikmati indahnya Taman Sari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: