Gak Perlu ke Eropa, Ini 5 Daerah Bersalju di Indonesia, Mana Saja?

Gak Perlu ke Eropa, Ini 5 Daerah Bersalju di Indonesia, Mana Saja?

Indonesia memiliki beberapa wilayah yang terdapat salju. Bahkan ada salju abadi.--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa salju tidak hanya dimiliki oleh Negara Eropa, ternyata di Indonesia juga ada loh.

Mungkin bagi sebagian orang yang belum mengetahui akan terdengar asing dan bagaimana bisa ada salju di negara tropis seperti Indonesia ini.

Indonesia memang tidak mempunyai musim salju, tetapi ternyata terdapat beberapa daerah yang menyimpan salju di Indonesia. Bahkan ada yang mempunyai salju abadi. 

Salju di Indonesia bisa terjadi karena tempat tersebut berada di daerah yang tinggi dan memiliki suhu yang sangat dingin. Suhu yang dingin menghasilkan embun es. Embun es inilah yang akhirnya membentuk salju. 

Melansir dari kanal youtube Angka&Data channel, hanya ada beberapa wilayah istimewa di Indonesia yang memiliki salju, yuk kita simak dalam artikel ini.

BACA JUGA:10 Negara Terpadat di Dunia Ini Merupakan Teritori Kecil, Ada Tetangga Indonesia

BACA JUGA:Pesona Bali Kini Hadir di Jawa Tengah, 6 Rekomendasi Tempat Wisata Mirip Bali di Jogja 2024

5 Daerah yang Memiliki Salju di Indonesia

1. Lumajang, Jawa Timur

Lumajang terkenal dengan Danau Ranu Kumbolo yang indah, di danau ini tersimpan salju Indonesia. Salju tipis sering menghujani tempat ini. Hal ini dibuktikan dari tenda para pendaki yang tertutup salju. 

Danau ini terletak di Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 mdpl, sehingga memiliki suhu yang sangat dingin, karena suhu dingin inilah yang membuat embun beku kerap mendatangi daerah ini. Salju di Lumajang terjadi hampir setiap tahun.

2. Banjarnegara, Jawa Tengah

Banjarnegara merupakan daerah di Pulau Jawa yang menyimpan salju di Indonesia. Daerah ini terletak di dataran tinggi Dieng.

Hamparan embun es kerap menutupi dataran tinggi ini. Embun es ini yang membentuk salju di dataran tinggi Dieng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: