7 Penyakit Sering Muncul saat Musim Hujan

7 Penyakit Sering Muncul saat Musim Hujan

7 Penyakit yang sering muncul saat musim hujan --ist

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Musim hujan merupakan waktu yang dinantikan oleh banyak orang karena dapat memberikan kesegaran, suhu yang lebih sejuk, dan pemandangan yang indah setelah panasnya musim kemarau. 

Namun, di samping keindahannya, musim hujan juga dapat membawa dampak negatif terutama dalam hal kesehatan

Banyak penyakit yang muncul saat musim hujan dikarenakan kondisi lingkungan yang lebih lembab dan rentan terhadap pertumbuhan kuman serta bakteri. 

Berikut ini adalah tujuh penyakit yang sering muncul saat musim hujan beserta penjelasan lengkapnya.

1. Flu

Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini mudah menyebar melalui droplet pernapasan yang dihasilkan saat seseorang batuk atau bersin. 

Musim hujan menjadi faktor risiko penyebaran flu, karena di musim ini, orang cenderung lebih banyak berada di dalam ruangan dan lebih dekat dengan orang lain.

BACA JUGA:

2. Demam Dengue

Demam dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. 

Musim hujan menjadi musim berkembang biaknya nyamuk ini, karena dalam air yang tergenang seperti genangan air hujan, nyamuk betina akan bertelur dan menumbuhkan populasi nyamuk yang lebih banyak.

3. Diare

Diare adalah penyakit yang ditandai dengan frekuensi buang air besar yang lebih sering dan tinja yang lebih encer. 

Penyakit ini sering muncul saat musim hujan karena air yang tergenang dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan serta meminum air yang kurang bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: