Sejumlah Media Asing Soroti Debat Capres saat Prabowo Dicecar Lawan Soal Pertahanan

Sejumlah Media Asing Soroti Debat Capres saat Prabowo Dicecar Lawan Soal Pertahanan

Media Asing Soroti Debat Capres ke-3 --

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Debat Capres ke -3 yang berlangsung di Istora Senayan,Minggu 7 Januari 2024 tidak hanya menyita perhatian masyarakat dan media dalam negeri Indonesia saja.

Banyak media-media luat Indonesia yang ikut menyoroti soal debat Capres tersebut. Sejumlah media asing terlihat turut memberitakan aksi panggung ketiga calon presiden Indonesia.

Media Singapura The Straits Times, menyorot salah satu topik tentang Laut China Selatan yang diangkat dalam salah satu pembahasan di debat capres 2024 tersebut.

"Tiga calon presiden Indonesia bergulat dengan topik Laut China Selatan, peran kelompok regional ASEAN dalam menjaga perdamaian di perairan tersebut, dan isu-isu pertahanan, kebijakan luar negeri, dan etika lainnya dalam debat ketiga mereka pada tanggal 7 Januari," tulis The Straits Times dalam artikel bertajuk "South China Sea, Asean among topics discussed at Indonesia’s third presidential debate" Senin, 8 Januari 2024.

BACA JUGA:

Media asal Malaysia, Malay Mail, menulis artikel berjudul 'Calon Presiden Indonesia Dikritik lawan soal rencana pertahanan' pada Senin.

Di paragraf pertama, mereka menulis Prabowo mengalami serangkaian serangan dalam debat yang memanas dari capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

"Dimana kedua lawan membidik strategi pengadaan militernya sebagai menteri pertahanan, menyebutnya ceroboh dan boros," demikian menurut laporan media itu.

Malay Mail menulis selama satu dekade terakhir, Indonesia tertinggal dibandingkan negara-negara lain di kawasan ini dalam hal pembelanjaan pertahanan terhadap produk domestik bruto (PDB).

Media yang berbasis di Australia, ABC Net, juga melaporkan artikel soal debat capres ketiga.

"Capres Indonesia saling berhadapan dalam debat," demikian judul ABC Net.

Dari Amerika Serikat, media VOA News, melalui "Indonesia's Presidential Hopefuls Face Off in Debate" mengulas isu debat capres-cawapres 2024 tersebut.

"Para calon presiden Indonesia mengadakan debat kedua pada hari Minggu, yang membahas pertahanan, geopolitik, dan diplomasi. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan akan bersaing dalam pemilu pada 14 Februari untuk memimpin negara kepulauan terbesar di dunia," tulis VOA News.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: