KPU Terbitkan Aturan Baru Debat Mikropon Hanya 1, Istilah Asing dan Singkatan Wajib dijelaskan

KPU Terbitkan Aturan Baru Debat Mikropon Hanya 1, Istilah Asing dan Singkatan Wajib dijelaskan

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Pelaksanaan debat ketiga atau debat kedua untuk Calon Presiden (Capres)  akan digelar Minggu 7 Januari 2024. 

Debat kedua untuk khusus calon Presiden akan diikuti tiga orang yang berdebat yakni Capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan , Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat aturan-aturan baru debat yakni penggunaan mikropon hanya satu buah dan singkatan wajib diuraikan.

BACA JUGA:Tarif Biaya Admin BCA Akan Mulai Naik Per 19 Januari 2024, Cek Rincian Lengkapnya!

BACA JUGA:Daftar Nomor Punggung Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Justin Hubner Nomor Berapa?

KPU tidak mau kecolongan seperti debat sebelumnya yang menimbulkan kegaduhan. Pelaksanaan debat kedua khusus Calon Presiden tersebut akan tayang secara langsung di stasiun Televisi MNC Group.

Debat akan digelar di Istoran Senayan selama 2 jam, dan tema besarnya adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dn Geopolitik.

Aturan baru yang ditambah yakni hanya menggunakan satu mikropon serta setiap mengeluarkan singkatan atau menggunakan istilah asing wajib dijelaskan ke capres lai. Aturan tesebut  sudah melalui kesepakatan antara KPU dan ketga Capres melalui timnya 

1. Penggunaan 1 Mikropon

Mikropon hanya ada 1 buah di atas podium (Built in), itu  satu-satunya Mikropon yang di pakai capres saat debat. Penggunaan 1 mikropon untuk   mencegah calon-calon presiden meninggalkan podium. ''Penggunaan satu mikropon ini untuk  mengurangi kans capres meninggalkan podium saat debat, ''seperti di kutip dari kanal Youtube Tribun Sumsel Sabtu 6 Januari 2024. 

Sebelumnya saat debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang berlangsung 22 Desember 2023 lalu, Cawapres Muhaimin Iskandar dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka meninggalkan podium. 

Sementara  sebelumnya, seperti yang dijelaskan oleh Anggota KPU RI August Mellaz saat menggelar rapat bersama tim pasangan Capres-Cawapres disepakati penggunaan podium tetap dilakukan.

Namun jumlah mikropon satu saja, dan mikropon tetap di podium, sehingga asumsinya ruang gerak hanya dipodium itu saja. Penggunaan mikropon ini berbeda dengan debat-debat sebelumnya .

Saat itu Capres Cawapres peserta debat menggunakan tiga jenis mikropon yakni clip on, head set dan hand held. Penggunaan tiga jenis mikropon ketika itu untuk  mengantisipasi apabila salah satunya rusak atau mengalami malfungsi ketika debat berlangsung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: