Diresmikan Jokowi: Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Jadi Pasar Tradisional Terbesar di Indonesia

Diresmikan Jokowi: Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Jadi Pasar Tradisional Terbesar di Indonesia

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pasar Among Tani kota Batu, Malang di resmikan oleh Presiden Jokowi, Kamis 14 Desember 2023. Peresmian di tandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti. Jokowi menyampaikan pasar yang dibangun sejak tahun 2021 itu merupakan pasar terbesar di Indonesia.

"Saya melihat ini adalah pasar terbesar yang pernah saya lihat di Republik Indonesia, menempati 3,4 hektare, gedungnya sangat megah berlantai tiga, semuanya di tata," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan, Pasar Among Tani mampu menampung 2.700 kios dan los yang tertata rapi untuk berdagang. "Saya tadi sepintas masuk ditata kiosnya sangat bagus, ditata los-nya juga sangat bagus, untuk kuliner dan makanan juga disendirikan," katanya Presiden.

Selain itu Jokowi juga menilai bahwa pasar itu akan menjadi pasar yang bagus dan rapi. Ia pun berharap keberadaan pasar ini dapat meningkatkan kesejahteraan pedagang di Kota Baru.

BACA JUGA:

 

"Ini akan menjadi pasar yang bersih, pasar yang tertata rapi, tempat parkirnya juga sangat luas, sehingga kita harapkan pedagang makin laris, makin sejahtera," katanya.

Dengan bangunan gedung baru berlantai tiga, pasar kebanggaan warga Kota Batu ini terbagi menjadi tiga zona. Ada zona basah di lantai satu, zona kering di lantai dua, dan zona makanan dan kuliner di lantai tiga.

Kedatangan Presiden di Kota Batu ini disambut meriah warga. Saat turun dari kendaraan, Presiden Jokowi langsung menyapa ribuan masyarakat dan siswa yang antusias ingin melihat secara langsung sosok Presiden RI.

Usai bersalaman dan berswafoto, Jokowi melihat gambar profil Pasar Induk Among Tani yang dibangun sejak 2021 dan selesai 2023, menggunakan APBN senilai Rp166,699 miliar.

Setelah mendapat penjelasan seputar pasar, Jokowi bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Menteri PUPR RI, Basuki Hadi Mulyono dan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, berkeliling melihat kondisi bangunan dan menyapa para pedagang. Bahkan Pak Jokowi sempat membeli buah di Pasar Among Tani.

Usai meresmikan pasar, Presiden Jokowi juga melihat buah khas Batu, apel dan jeruk yang ditampilkan dilokasi peresmian. Buah khas Batu sengaja ditampilkan oleh Pj Wali Kota, untuk mengenalkan berbagai jenis apel dan jeruk khas Batu. Bahkan Pj Wali Kota Aries berkesempatan memberikan berbagai penjelasan seputar khasiat apel Batu kepada presiden.

“Kita ingin kehadiran Bapak Presiden, bukan hanya meresmikan pasar, tetapi juga mencicipi buah-buahan khas Kota Batu, beragam apel dan jeruk,” jelasnya secara terpisah.

Terutama, lanjutnya, keinginan bersama untuk menjadikan Pasar Induk Among Tani sebagai Pasar Wisata yang bersih rapi dan tertata baik, serta menyediakan beragam buah dan makanan khas Kota Batu, untuk dinikmati wisatawan yang berkunjung di Kota Batu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: