Gunakan Tema Genosida Palestina, Brand Internasional Zara Viral Diboikot Netizen Dunia

Gunakan Tema Genosida Palestina, Brand Internasional Zara Viral Diboikot Netizen Dunia

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Brand internasional Zara mendadak viral di media sosial karena dianggap mendukung Israel dalam hal genosida di Palestina.

Netizen dari seluruh dunia memenuhi kolom komentar di feed Instagram Zara. Semua netizen menyerukan boikot Zara karena postingan yang di anggap mengejek Genosida di Palestina. 

Terkini, postingan Zara yang kontroversial tersebut sudah tidak ditemukan di feed akun Instagram official mereka. Nampaknya official Zara sudah menghapusnya, karena serbuan netizen yang menyerukan boikot produk Zara.

Brand internasional Zara sendiri merupakan brand premium yang tenannya hanya ada di mall-mall besar di Indonesia.  Zara menjadi salah satu brand fashion ternama yang gencar diserang isu boikot setelah dugaan dukungan mereka kepada Israel.

BACA JUGA:

Semenjak isu genosida Palestina yang dilakukan Israel secara brutal tidak kunjung reda, netizen menyerukan protes dan boikot massal berbagai produk yang berafiliasi dengan zionis.

Kemarahan netizen dunia bermula dari perilisan koleksi terbaru bertema Zara Atelier, Zara mengunggah beberapa postingan yang mempromosikan koleksi mereka.

Zara Atelier merupakan koleksi jaket terbaru Zara yang menggandeng Kristen McMenamy, sebagai modelnya. Koleksi jaket Zara tersebut bukan inti masalahnya, melainkan latar dan konsep foto yang digunakan untuk memamerkan koleksi tersebutlah yang dianggap kontroversial.

Netizen menganggap konsep photoshoot Zara terinspirasi dari genosida di Palestina karena menggunakan latar serba putih, properti puing-puing reruntuhan dinding, hingga potongan mirip badan manusia yang terbungkus kain putih layaknya sebuah jasad.

Sang model tampak memanggul benda layaknya jasad terbungkus kain putih tersebut. Netizen menyamakan pose model Zara dengan foto viral ibu di Palestina sedang memeluk jasad anaknya yang terbungkus kafan.

Pada postingan foto lainnya, sang model terlihat menyolok dengan outfit serba hitam sedang pose berdiri di tengah-tengah properti papan yang rusak, reruntuhan dinding, serta sebuah tubuh yang terbungkus tepat di bawah kakinya.

Foto-foto tersebut sempat diposting oleh akun official Zara, namun kemudian dihapus setelah ramai dikecam netizen. Meskipun kedua foto tersebut sudah tidak ditemukan di postingan Zara, beberapa netizen sempat menyimpan foto dan membagikannya kembali.

You are going down!!! Idk who in the right mind would put this campaign on display! Thank you for showing your true colors!,” tulis akun bercentang biru @mismatchcane via Instagram.

Baik di Instagram dan X (Twitter), kedua postingan yang diunggah pada 8 dan 9 Desember 2023 tersebut penuh dengan komentar negatif dan kecaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: