Anies - Amin Disebut Usul Debat Cawapres Ditiadakan, Timnas Amin Jawab Begini

Anies - Amin Disebut Usul Debat Cawapres Ditiadakan, Timnas Amin Jawab Begini

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ketua Timnas AMIN M Syaugi telah memberikan pernyataan bahwa kubunya tak pernah mengusulkan tiadakan debat Cawapres. 

"Kan KPU sudah menyatakan bahwa tetap ada debat cawapres, dan yang sudah hadir di dalam KPU itu dari wakil timnas AMIN adalah Bu Nini (Nihayatul Wafiroh), sudah menyatakan dengan jelas bahwa pasangan AMIN tetap meminta ada debat cawapres, jadi itu sudah jelas".

"Jadi kalau yang meminta tidak ada debat cawapres itu bukan dari kelompoknya tim AMIN," kata M Syaugi di Sekretariat Timnas AMIN, jalan Diponegoro 10, Jakarta Pusat, Senin 4 Desember 2023.

Menurut Syaugi, KPU berjanji akan mengadakan pertemuan dengan masing-masing tim pasangan calon (Paslon). Dia mengaku masih menunggu undangan pertemuan tersebut.

Kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) disebut sempat mengusulkan hal tersebut saat rapat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

BACA JUGA:

Berkaitan hal itu, Anies enggan berbicara banyak. Dia hanya menyebut sudah menjelaskan soal itu kepada wartawan dalam pertemuan-pertemun sebelumnya.

"Nanti KPU saja yang komentar. Saya sudah komentar kemaren, kita tunggu saja," ujar Anies di Deli Serdang, Sumatra Utara, Minggu 3 Desember 2023.

Anies tetap keras tak mau menjawab soal usulan format debat tersebut. Sebab, semuanya ada di pihak KPU yang wajib menjawabnya.  

"Ya nanti KPU aja yang komentar," lanjutnya. Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Dradjad Wibowo, mengatakan bahwa kubu pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) lah yang mengusulkan agar format debat cawapres berubah. 

Mulanya, Dradjad menyampaikan bahwa usulan agar capres-cawapres hadir bersama dalam setiap sesi debat itu muncul dalam rapat atau diskusi KPU dengan perwakilan dari ketiga paslon di kantor KPU pada 29 November 2023 lalu.

"Saya sendiri tidak hadir karena pada waktu yang sama ditugaskan mewakili TKN Prabowo-Gibran dalam acara Indonesia Economic Forum, yaitu the IEF Presidential Dialogue: State of the Nation, yang diselenggarakan di The Habibie & Ainun Library di Jakarta," ujar Dradjad dalam keterangannya, Minggu 3 Desember 2023.

BACA JUGA:

Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Todung Mulya Lubis, mempertanyakan konsistensi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari dalam menjalankan perintah undang-undang terkait debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta pilpres 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: