Tips Memasak Ayam Kampung Supaya Lebih Empuk, Simak Yuk!

Tips Memasak Ayam Kampung Supaya Lebih Empuk, Simak Yuk!

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Memasak ayam kampung, memang memerlukan effort yang lebih besar. Kita harus pandai-pandai dalam memasaknya.

Hal ini agar daging ayam menjadi lebih empuk dan tidak alot. Tanpa panci presto, kita pun bisa memasak ayam kampung yang lebih empuk. 

Idealnya, waktu yang dibutuhkan untuk mengungkep ayam kampung ini perlu memakan waktu sekitar 30-45 menit dengan api kecil. Tujuannya agar daging ayam menjadi lebih empuk dan matang dengan sempurna.

Perlu diketahui, walau berbeda, ayam kampung memiliki nilai gizi yang sangat tinggi dari ayam lainnya, bahkan kandungan zat besi yang ada pada ayam kampung dinilai sangat tinggi dan baik untuk dikonsumsi. 

BACA JUGA:

Daging ayam kampung mengandung lebih sedikit lemak jenuh dan lebih banyak asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Selain itu, daging ayam kampung memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah, menjadikannya makanan yang lebih sehat.

Tanpa berlama-lama lagi yuk, kita simak ulasan dibawah ini mengenai cara memasak ayam kampung agar tidak alot dan empuk.

Tips Memasak Ayam Kampung Agar Empuk dan Tidak Alot

  • Merebus Dengan Bahan Tertentu

Setelah direndam, ayam kampung bisa jadi empuk dengan teknik merebus yang benar. Bunda bisa menambahkan potongan buah pepaya muda saat merebus ayam. Selain pepaya, bahan pengganti lain adalah tebu dan air kelapa. Tebu dipercaya bisa bikin ayam kampung cepat empuk, sedangkan air kelapa menambah cita rasa lezat dan empuk pada ayam kampung.

  • Gunakan Garam

Jika kamu tidak memiliki buah nanas, gunakan garam untuk memarinasi daging ayam kampung agar tidak alot. Head chef di restoran Kasima, Aji Prihatono mengatakan, kamu bisa menggunakan garam, merica, dan jus lemon untuk memarinasi daging ayam kampung. Marinasi daging ayam selama lima menit agar cita rasanya meresap.

BACA JUGA:

Selanjutnya kamu bisa mengungkep ayam selama 60 hinga 80 menit. Pastikan bumbu ungkep ayam kampung yang akan digunakan cukup untuk melumuri semua badan ayam ya!

  • Gunakan Potongan Buah Nanas

Semakin tua usia ayam kampung, maka semakin alot dagingnya. Ini juga membutuhkan waktu perebusan daging ayam yang lebih lama. Jika kamu ingin merebus daging ayam dalam waktu singkat dan hasilnya empuk, kamu bisa memasukkan potongan buah nanas ke dalam rebusan daging ayam kampung. Sama seperti saat merebus daging merah, cara ini juga bikin daging ayam kampung lebih cepat empuk dan tidak alot.

Nah, itulah beberapa ulasan artikel diatas terkait tips memasak ayam kampung agar cepat empuk dan tidak alot yang dapat kamu coba lakukan dirumah. Semoga artikel diatas dapat membantu. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: