Menjalankan Kebaikan dengan Kebajikan Puasa Sunnah Senin - Kamis

 Menjalankan Kebaikan dengan Kebajikan Puasa Sunnah Senin - Kamis

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dalam konteks ketaatan beragama, salah satu praktik yang sangat dijunjung tinggi adalah puasa.

Puasa bukan hanya sekedar kewajiban melainkan juga sebuah ibadah yang memberikan berbagai manfaat yang bermanfaat bagi jiwa dan tubuh.

Salah satu bentuk puasa sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam adalah Puasa Senin-Kamis.

Secara khusus, Rasulullah SAW merekomendasikan puasa sunnah senin kamis sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperoleh berbagai keberkahan.

Hadis yang menyebutkan kepentingan melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis banyak ditemukan dalam berbagai kitab hadis, seperti Hadis Abu Daud dan Hadis An-Nasa'i.

BACA JUGA:

Rasulullah SAW bersabda, "Amarlah kalian dengan puasa, karena sesungguhnya puasa Senin dan Kamis adalah hari-hari dimana amal-amal diangkat kepada Tuhan. Aku suka amalkan perbuatanku dalam keadaan puasa." (Hadis Ahmad)

Satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan berpuasa Senin-Kamis. Umat Islam mengingat Allah dan menguatkan ikatan spiritual mereka dengan menahan diri dari makan dan minum.

Secara umum, berpuasa dapat memberikan manfaat kesehatan yang tidak terkecuali pada puasa Senin-Kamis.

Mengamalkan puasa ini dapat membantu proses detoksifikasi tubuh, mengendalikan berat badan, dan meningkatkan metabolisme.

Puasa Senin-Kamis diyakini membuat kita mendapat keberkahan. Rasulullah SAW mengatakan bahwa di surga terdapat sebuah pintu yang dikenal sebagai 'Rayyan'. Pintu tersebut hanya dapat diakses oleh orang-orang yang sering berpuasa. (Hadis Al-Bukhari)

BACA JUGA:

Pembersihan dosa dapat dilakukan melalui Puasa Senin-Kamis, yang berfungsi sebagai cara untuk membersihkan diri dari dosa.

Menurut perkataan Rasulullah SAW, puasa yang terjadi antara satu bulan dengan bulan lainnya memiliki efek yang sama seperti membersihkan dosa-dosa di antara keduanya. (Hadis Muslim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: