Lembutnya Kue Apem Aroma Pandan,Minum Teh atau Kopi Sore Hari, Semakin Nikmat dengan Kue Tradisional Nusantara ini

Lembutnya Kue Apem Aroma Pandan,Minum Teh atau Kopi Sore Hari, Semakin Nikmat dengan Kue Tradisional Nusantara ini

JAKARTA, RADARPENA.FIN.CO.ID - Beras yang sudah diolah menjadi tepung bisa dibuat kue apem aroma pandan yang nikmat serta harum baunya.

Beras ketan juga cocok untuk  dibuat apem, bahkan rasanya jadi lebih nikmat karena tekstur tepung beras ketan lebih kasar

Tidak ketinggalan campurannya gula pasir  agar kue ini rasanya manis, ditambah santan kelapa kental. Upayakan santan yang diperas dari kelapa yang cukup tua 

Hampir semua orang menyenangi kue ini, karena kue apem termasuk jajanan pasar yang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional di Kota anda.

Semua suku Bangsa di Indonesia sudah sejak lama mengenal kue apem terutama suku Jawa tepatnya di daerah Jombang Jawa Timur terdapat tradisi grebeg apem. 

Tradisi grebeb apem adalah suatu upacara budaya, yang digelar saat akan memasuki bulan Suci Ramadan.

Warga bergotong royong membuat kue apem warna-warni dan dibuat dalam bentuk tumpeng apem besar berisi ribuan apem.  Tujuan acara itu untuk  memohon ampunan kepada Allah sekaligus mensucikan diri memasuki bulan puasa.

Setelah itu ribuan apem yang menggunung itu akan diperebutkan oleh warga dan dibawa pulang untuk  dimakan sekaligus mengharapkan berkah dari yang Maha Pengasih Tuhan semesta alam

Kue apem yang teksturnya lembut serta bentuknya yang cantik menarik, cocok sekali sebagai peneman minum kopi atau teh disore hari  

Cara membuat kue apem sederhana sangat mudah sekali , serta tidak membutuhkan biaya yang besar untuk mengolahnya menjadi makanan yang disukai semua umur.

Waktu yang dibutuhkan membuat kue apem juga tidak lama, dalam hitungan kurang lebih satu jam kue apem yang dinanti  sudah matang.

Berikut cara membuat kue apem aroma pandan dari halaman Endus TV

Bahan-bahan 4 porsi

1. 100 ml santan kental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: