Resep Soto Ayam Betawi Sederhana Yang Mudah Dibuat

Resep Soto Ayam Betawi Sederhana Yang Mudah Dibuat

Jakarta,radarpena.fin.co.id - Soto, merupakan salah satu menu makanan yang sering dan mudah dijumpai dimanapun anda berada.

Soto juga merupakan makanan tradisional yang punya banyak sekali versi yang berbeda tergantung dari tempat dibuatnya dan bahan dasar utama soto tersebut. Macam macam soto seperti soto ayam, soto babat, soto sapi, soto mie bogor, sampai soto betawi. Rasa rempah yang memanjakan lidah, serta kuah kental yang identik berwarna kuning, serta isian yang juga bervariatif dan dapat disesuaikan oleh masing masing orang pastinya dapat meningkatkan nafsu makan.

Banyaknya variasi soto di nusantara dapat memanjakan lidah anda. Namun, apabila anda ingin mencoba membuatnya sendiri, ternyata tidak sesulit yang dikira seperti yang terlhat pada toko atau gerobak penjual soto dimana mereka memakai panci besar dan banyaknya bahan bahan yang digunakan.

Nyatanya, anda bisa mengkreasikan sendiri soto anda sesuai keinginan anda, mulai dari isi, sampai ke rasa kuah, entah itu sangat berempah atau kaya akan rasa kaldu ayam ataupun sapi, dan anda tidak perlu repot repot menyiapkan bahan yang rumit, seperti contohnya resep soto ayam betawi di bawah ini yang tidak memerlukan banyak bahan.

Berikut ini resep soto ayam betawi sederhana dan cara buatnya yang pastinya mudah dan dapat anda ikuti di rumah dan disajikan untuk makan bersama keluarga.

 

RESEP SOTO AYAM BETAWI SEDERHANA 

 

Bahan-bahan :

  1. 1 ekor ayam
  2. Santan Kara
  3. Daun Salam
  4. Daun jeruk
  5. Serai
  6. Air
  7. Garam & penyedap rasa

 

Bumbu halus :

  1. Merica bubuk
  2. Ketumbar
  3. Jahe
  4. Kunyit
  5. Bawang Putih
  6. Bawang Merah

 

Bahan Tambahan :

  • Kol
  • Tomat
  • Daun bawang
  • Tauge
  • Telur rebus
  • Keripik kentang
  • Bawang goreng
  • Sambal goreng

 

Cara Membuat :

Langkah 1 : Haluskan bumbu bumbu halus sampai semuanya tercampur merata, anda bisa menggunakan mesin blender agar lebih mudah

Langkah 2: Tumis sampai harum bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, dan serai yang sudah digeprek

Langkah 3 : Tambahkan potongan ayam, garam secukupnya, penyedap rasa secukupnua dan air. Masak kurang lebih 20 menit sampai air sedikit surut dan ayam matang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: