10 Danau Terluas Di Dunia, Keajaiban Alam yang Mempesona Dari Kaspia sampai Malawi

10 Danau Terluas Di Dunia, Keajaiban Alam yang Mempesona Dari Kaspia sampai Malawi

RADARPENA.CO.ID - Danau merupakan salah satu keajaiban alam yang sering menjadi tujuan wisata. Di seluruh dunia terdapat banyak danau yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Ada ratusan danau terluas di dunia dari Asia sampai dengan Amerika.

Danau adalah cekungan di daratan yang umumnya berbentuk lonjong dan berisi air. Biasanya, danau berisi air tawar, meski ada sebagian danau di dunia yang juga berisi air asin seperti air di lautan.

Danau merupakan perairan yang terbentuk secara alami. Ia tidak mengalir dan hanya berwujud seperti bendungan. Danau memiliki ukuran yang besar, lebih luas dan dalam dibandingkan telaga. Umumnya, kedalaman danau mencapai lebih dari 6 meter (20 kaki).

Selain itu, karakteristik danau juga biasanya menjadi sebuah ekosistem atau habitat untuk beberapa makhluk hidup. Di antara banyak danau yang berukuran besar dan luas, lantas apa danau terbesar di muka bumi?

BACA JUGA:

Dilansir dari laman World Atlas, berikut daftarnya :

1.  Danau Kaspia (371 ribu km²)

Danau terbesar di dunia adalah Danau Kaspia yang terletak di perbatasan beberapa negara di dunia, mulai dari Kazakhstan, Rusia, Turkmenistan, Azerbaijan, sampai Iran. Luasnya mencapai 371 ribu km² dengan volume mencapai 78,2 ribu km³. Air di danau ini sedikit asin.

 

2.  Danau Superior (82,1 ribu km²)

Danau Superior terbentang sekitar 82,1 ribu km² dengan volume berkisar 12,1 ribu km³. Danau ini terletak di Kanada dan Amerika Serikat. Tepatnya, di Provinsi Ontario hingga negara bagian Minnesota, Wisconsin, hingga Michigan.

 

3.  Danau Victoria (68,87 ribu km²)

Danau yang terletak di Uganda, Kenya, dan Tanzania ini merupakan danau terbesar ketiga di dunia sekaligus yang terbesar di benua Afrika.

Danau Victoria memiliki beragam spesies ikan air tawar, sehingga populer sebagai tempat untuk memancing. Selain itu, banyak pula satwa liar di sekeliling danau ini.

BACA JUGA:

Selain Danau Superior, Danau Huron juga merupakan danau yang terletak di perbatasan Ontario, Kanada dan Michigan, Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: