Mudah dan Gak Ribet, Cara Membuat Novel di HP dengan Praktis dan Kreatif, Ada Aplikasinya Lho!

Mudah dan Gak Ribet, Cara Membuat Novel di HP dengan Praktis dan Kreatif, Ada Aplikasinya Lho!

Sebagai penulis, kita butuh masukan dan kritik untuk meningkatkan kualitas tulisan kita. Dapatkan masukan dari rekan atau teman-teman sesama penulis melalui aplikasi pesan singkat di HP. Tanyakan pendapat mereka mengenai jenis cerita, karakter, gaya penulisan, atau plot twist. Masukan ini akan membantu Anda melihat dari sudut pandang yang berbeda dan meningkatkan kualitas cerita.

 

6.  Perhatikan Detail Cerita dan Riset

Selalu perhatikan detail dalam cerita Anda. Risetlah topik-topik yang berkaitan dengan cerita Anda agar tulisan Anda lebih kredibel. Dengan melakukan riset, Anda juga akan dapat memasukkan fakta-fakta menarik yang membuat novel Anda lebih menarik dan berdaya saing.

 

7.  Edit dan Revisi Secara Cermat

Setelah selesai menulis novel, jangan segera mempublikasikannya. Lakukan proses editing dan revisi yang cermat. Baca ulang cerita Anda secara keseluruhan dan perbaiki kesalahan serta ketidaksesuaian. Anda juga bisa meminta bantuan editor profesional untuk memberikan masukan lebih lanjut.

 

Rekomendasi Aplikasi Menulis Novel Di HP

Untuk lebih membantumu menulis novel di Hp ada banyak aplikasi yang dapat di unduh secara gratis di google play store. Diantarannya beberapa aplikasi yang akan kita ulas. Langsung saja simak sebagai berikut.  

 

1.  Dengan Aplikasi Note/Word

Setiap HP Android dapat memasang aplikasi note atau word. Dimana aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk menulis novel. Buat kamu yang belum pasang aplikasi ini, langsung intip caranya di bawah. 

 

a).  Download Aplikasi Note/Word

Sebelum mendownload, pastikan jika memori HP Android kamu cukup. JIka memory full, kamu bisa membersihkan terlebih dulu. Berikut cara men-downloadnya :

  • Buku google play store 
  • Ketik di kolom pencarian, dan ketik note atau word 
  • Biasanya akan banyak pilihan, kamu bisa pilih yang kamu suka. 
  • Setelah berhasil di pilih, kamu bisa langsung klik Install. 
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.  Biasanya kamu akan diarahkan untuk login, kamu tinggal masukan saja login
  • Setelah itu aplikasi siap untuk digunakan 

 

b).   Menulis Setiap Pertanyaan atau Menulis Per-Bab

Setelah memasang aplikasi, cara membuat novel di hp selanjutnya adalah membuat kerangka atau membuat pertanyaan. Kumpulkan sebanyak mungkin pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan dicari jawabannya dan yang akan di kembangkan menjadi sebuah cerita. 

Saat membuat pertanyaan, kamu bisa menuliskan di kertas corat-coret, atau bisa juga langsung di lembar kerja aplikasi note. Setelah semua pertanyaan terjawab, kamu bisa menuliskannya dalam bentuk per bab.  Penulisan dari bab ke bab ini memudahkan penulis agar bisa menulis secara rapi dan terstruktur. 

 

c).  Kumpulkan Part Yang Telah Ditulis

Cara membuat novel di hp barulah dilanjutkan dengan mengumpulkan bagian-bagian. Nah, ada bagian perkenalan tokoh, karakter. Nah dibagian inilah dibutuhkan pembukaan novel yang menarik. Kamu bisa baca di ulasan sebelumnya tentang “Contoh Pembukaan Novel”. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: