Mudah dan Gak Ribet, Cara Membuat Novel di HP dengan Praktis dan Kreatif, Ada Aplikasinya Lho!

Mudah dan Gak Ribet, Cara Membuat Novel di HP dengan Praktis dan Kreatif, Ada Aplikasinya Lho!

BACA JUGA:

 

c).  Mulai Membuat Pos Baru (1 Pos 1 Bab)

Blog buatanmu sudah bisa digunakan. Kamu sudah bisa menuliskan novelnya. Sehari bisa menuliskan satu bab. Dari bab satu hingga bab selanjutnya. Awalnya tidak ada pembaca, namun tetaplah konsisten menulis. Karena setelah tiga bulan biasanya mulai terlihat pengunjungnya. 

 

d).  Kumpulkan Beberapa Pos dan Jadikan 1 Buku

Jika sudah terkumpul banyak di blogger, dan kamu ingin membuatnya dalam sebuah buku. Kamu bisa satukan tulisan yang ada di blog dengan cara copy paste ke ms Words, dan lakukan editing. 

Proses editing dari aplikasi ke bentuk buku fisik itu berbeda. Setidaknya kamu harus mengedit dan memperhatikan sedetail mungkin. Karena pihak penerbit tidak akan menerima naskah yang asal-asalan. Penerbit akan menerima naskah yang benar-benar sudah rapi, baik, dari segi ide unik dan bisa dipahami oleh pembaca. 

 

e).  Editing dan Tambah Ilustrasi

Di tahap editing kamu juga boleh menambahkan ilustrasi juga loh. Fungsinya agar tulisan menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Ilustrasi terbukti efektif menarik perhatian dan mengurangi rasa bosan bagi pembacanya. 

 

3.  Menggunakan Aplikasi Penulis Novel

Cara membuat novel di HP masih ada rekomendasi lagi. Pernahkah kamu mendengar Wattpad? Fictum? Ternyata ada beberapa aplikasi yang khusus untuk menulis novel. Banyak penulis-penulis terkenal dan besar yang mengawali karir menulis novel dari sana loh. 

Aplikasi penulis novel paling umum dan paling banyak digunakan untuk saat ini ada wattpad. Namun ada beberapa aplikasi penulis novel lain, sebagai berikut. 

 

a).  Wattpad

Wattpad adalah aplikasi yang sudah didirikan sejak 2006 yang lalu. Aplikasi ini banyak tidak hanya dimanfaatkan untuk menulis novel saja, tetapi juga untuk menulis cerpen, puisi. Jadi buat kamu yang ingin menjadi penulis dan ingin saling follow sesama penulis, bisa masuk ke aplikasi satu ini.

 

b).  Fictum

Selain wattpad, ada platform menulis online lain yang disebut dengan fictum. Bisa dibilang cara bergabung ke fictum cukup ketat, tidak sebebas wattpad. Cara bergabung ke fiktucum seperti alur mengjukan naskah ke penerbit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: