Kumpulan Contoh Soal TWK CPNS 2023 yang Diprediksi Muncul pada Tes SKD Lengkap dengan Kunci Jawaban

Kumpulan Contoh Soal TWK CPNS 2023 yang Diprediksi Muncul pada Tes SKD Lengkap dengan Kunci Jawaban

RADARPENA.CO.ID - Simak kumpulan contoh soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) SKD CPNS 2023 dan kunci jawaban berikut ini.

Sebab, contoh soal TWK ini diprediksi akan muncul pada tes seleksi kompetensi dasar (SKD) penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2023.

Pasalnya, pendaftaran seleksi CPNS 2023 telah dibuka pada tanggal 20 September lalu dan berlangsung hingga 9 Oktober 2023. 

Berkaitan dengan ini, tentunya bagi pelamar CPNS 2023 perlu menyiapkan diri dengan mempelajari soal-soal SKD, seperti contoh soal TWK ini.

Jadi, bukan hanya berkas dokumen saja yang perlu diperhatikan, tetapi berlatih soal tes SKD pun perlu dipersiapkan.

Tes SKD ini dibagi menjadi tiga materi, yakni tes intelegensi umum (TIU), tes karakteristik pribadi (TKP), dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

BACA JUGA:

Nah, pada kesempatan ini Radarpena akan membagikan contoh soal TWK CPNS 2023 lengkap dengan kunci jawaban sebagai bahan belajar pelamar dalam persiapan menghadapi tes SKD.

Soal TWK sendiri terdiri dari aspek kebangsaan, contohnya tentang Pancasila, ideologi negara, sejarah, dan bahasa Indonesia.

Tujuan dari adanya soal TWK ini adalah untuk mengukur seberapa jauh pemahaman para pelamar terhadap nilai-nilai dasar dan sejarah bangsa.

Dilansir dari Telegram INFOCASN, berikut ini 10 contoh soal TWK CPNS 2023 dan kunci jawaban.

 

1. Sebagai ideologi terbuka, Pancasila mengandung tiga nilai. Ketiga nilai tersebut meliputi nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis. Di bawah ini merupakan pernyataan yang tepat untuk nilai instrumental adalah.....

A. Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dijelaskan lebih terperinci dalam pasal 28E dan pasal 29, UUD NRI Tahun 1945

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: