Contoh Soal TIU SKD CPNS 2024 Penalaran Analitis Lengkap dengan Kunci Jawaban

Contoh Soal TIU SKD CPNS 2024 Penalaran Analitis Lengkap dengan Kunci Jawaban

Contoh soal TIU SKD CPNS 2024 penalaran analitis --pexels.com/George Milton

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Soal penalaran analitis merupakan bagian penting dari Tes Inteligensi Umum (TIU) pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024

Soal TIU SKD CPNS 2024 penalaran analitis ini mengukur kemampuan Anda dalam berpikir logis, menganalisis informasi, dan menarik kesimpulan yang tepat berdasarkan data yang diberikan. 

Jenis-Jenis Soal Penalaran Analitis SKD CPNS 

Soal penalaran analitis memiliki berbagai bentuk, seperti:

  • Silogisme: Soal yang terdiri dari dua premis dan sebuah kesimpulan.
  • Analogi: Soal yang meminta Anda mencari hubungan antara dua pasang kata atau konsep.
  • Deret Angka: Soal yang meminta Anda menemukan pola dalam deret angka.
  • Deret Huruf: Soal yang meminta Anda menemukan pola dalam deret huruf.
  • Gambar: Soal yang meminta Anda menganalisis hubungan antar gambar.

Untuk membantu mempersiapkan diri, mari kita bahas 6 contoh soal TIU CPNS 2024 tentang penalaran analitis lengkap dengan kunci jawaban yang bisa Anda pelajari agar lolos tahap SKD.

BACA JUGA:

Soal TIU CPNS penalaran analitis memang menantang, tetapi dengan latihan yang cukup dan strategi yang tepat, Anda dapat menguasainya dan peluang lolos tahap SKD lebih besar.

Contoh Soal TIU SKD CPNS 2024 Penalaran Analitis dan Kunci Jawaban 

Dilansir Radarpena dari YouTube Private Al Faiz, inilah 6 contoh soal TIU SKD CPNS 2024 penalaran analitis lengkap dengan kunci jawaban yang bisa dijadikan sebagai referensi dan panduan belajar.

1. Rafiq ingin mengunjungi sahabatnya di jalan E. Dia berangkat dari rumahnya yang berada di jalan A menggunakan sepeda. Rafiq bisa melewati satu jalan yang bisa langsung sampai ke rumah sahabatnya, namun terdapat banyak lubang besar di jalan tersebut yang akan membahayakan keselamatannya. Ada jalur alternatif yang lebih rata karena telah diaspal yaitu rute dari jalan A ke jalan B atau ke jalan C. Dari jalan B ada rute ke jalan D. Dari jalan C ada rute langsung menuju jalan E. Berapa banyak jalur yang bisa ditempuh Rafiq dari rumahnya di jalan A menuju rumah sahabatnya di jalan E?

A. 1 jalur

B. 2 jalur

C. 3 jalur

D. 4 jalur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: