Kucing Persia: Ciri, Jenis Dan Cara Merawatnya

Kucing Persia: Ciri, Jenis Dan Cara Merawatnya

RADARPENA.CO.ID - Kucing dengan ras Persia adalah jenis kucing berukuran sedang, bertubuh kekar dengan mantel bulu tebal, dan mata yang besar. Kucing Persia betina memiliki berat antara 3 sampai 4,5 kilogram dan Persia jantan berkisar 4 hingga 6 kilogram. 

Kucing ini memiliki bulu panjang dan berkilau, yang hadir dalam berbagai warna, termasuk oranye, abu-abu, dan krem. Persia juga biasanya memiliki mata berwarna tembaga, hijau, cokelat, atau biru yang cemerlang. 

Secara umum, kucing Persia dikenal sebagai kucing yang rendah hati, berorientasi sosial, dan penyayang. Mereka suka dibelai, dipeluk, atau sekedar berada di samping pemilikya. 

Ras ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan mudah bergaul dengan semua orang, termasuk hewan peliharaan lain, seperti anjing. Kucing Persia cukup energik untuk menikmati mainan atau diajak bermain.

Kucing Persia merupakan salah satu jenis kucing yang cukup digemari sebagai hewan peliharaan. Pasalnya, kucing ini memiliki ciri-ciri yang begitu menggemaskan.

BACA JUGA:

Kucing Persia sangat jinak dan memiliki rambut panjang lebat, berwajah bulat, dan bentuk hidung yang pesek yang menggemaskan. Namun, kamu tentunya juga harus menyiapkan segala peralatan perawatannya yang cukup menguras isi dompet.

Ciri - Ciri Kucing Persia

1. Bulu tebal 

Jenis kucing ini memiliki bulu panjang atau long hair. Tekstur bulu Persia halus, lembut, dan berkilau. Panjang bulu sekitar 5-15 cm dan menutupi seluruh bagian tubuh kecuali wajah.

 

2. Mata bulat dan berwarna cerah 

Kucing Persia memiliki ciri mata bulat, lebar, dan berwarna cerah. Jarak antar mata relatif berjauhan. Warna bola mata juga menyesuaikan warna bulu kucing. Contohnya, warna mata hijau ada pada Kucing Persia berbulu perak, dan keemasan.

Ada juga kucing yang memiliki warna berbeda di kedua mata disebut odd eye. Kucing Persia odd eye biasanya berbulu putih. Kedua mata kucing berwarna biru dan kuning bersamaan. Selain Kucing Persia, odd eye ada pada jenis kucing ras lain. 

 

3. Hidung pesek 

Kucing Persia cenderung memiliki hidung pendek, pesek, dan berukuran kecil. Ada juga jenis Kucing Persia yang memiliki hidung lebih panjang. Bagian hidung kucing berada di pangkal dan tampak memiliki belahan.

 

4. Telinga kecil 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: