Kucing Persia: Ciri, Jenis Dan Cara Merawatnya

Kucing Persia: Ciri, Jenis Dan Cara Merawatnya

Kucing ini punya ciri-ciri sama dengan Persia Peaknose yaitu hidung pesek. Namun, Persia Flatnose memiliki wajah lebih kotak, mata lebih bulat, dan kaki lebih pendek. Ukuran telinganya pun lebih kecil dan hampir tidak terlihat, karena tertutup bulu tebal di sekitar wajah. Kucing ini memiliki wajah gemuk dan pendek.

Persia Flatnose lebih aktif dan suka memanjat. Rentang harga kucing ini hampir sama dengan Persia Peaknose. Kucing berumur tiga bulan yang belum divaksin rentang dibanderol dengan harga sekitar Rp 4,5 juta sampai Rp 5,9 juta. Kucing tiga bulan yang sudah divaksin harganya mencapai Rp 8 juta hingga Rp 9 jutaan.

Sedangkan kucing berusia enam bulan yang belum divaksin rentang harganya Rp 9,5 juta sampai Rp 10 jutaan. Kucing Flatnose usia enam bulan yang sudah divaksin sekitar Rp 11 juta hingga Rp 12 jutaan. 

 

  • Himalaya 

Jenis kucing ini merupakan hasil perkawinan silang antara Kucing Persia Himalaya atau Kucing Siam. Kucing Himalaya sendiri berasal dari Eropa. Ciri-ciri kucing silang ini memiliki mata biru, kaki pendek, wajah gemuk, dan bulu di leher yang lebih tebal.

Ciri khas Persia Himalaya memiliki titik gelap di bagian wajah, kaki, ekor, dan telinga. Jenis kucing ini beratnya mencapai 4 kg hingga 6 kg. Harga Kucing Persia Himalaya Asli berusia tiga bulan yang belum divaksin sekitar Rp 3 juta hingga Rp 4,5 juta. Sedangkan harga kucing usia enam bulan yang belum divaksin sekitar Rp 6,7 juta sampai Rp 8 jutaan. 

BACA JUGA:Kucing Lynx, Spesies Langka Yang Hampir Punah

  • Eksotik Short Hair  

Kucing Persia Eksotis Short Hair adalah hasil perkawinan dengan kucing Amerika. Berbeda dengan Persia lainnya, kucing ini memiliki bulu lebih pendek, hidung kecil, dan pendek. Contoh Persian Short Hair yakni pada kartun kucing Garfield, yang memiliki badan gemuk, telinga pendek, dan hidung pesek.

Kucing ini pertama kali ditemukan di Amerika pada 1950. Ciri-cirinya bertubuh pendek, dahi lebar, mata bulat, memiliki gabungan beberapa warna, bentuk hidung tidak mancung, dan wajah lumayan rata. Rentang harga kucing anakan Persia Shorthair sekitar Rp 4 juta sampai Rp 7 juta.

 

Cara Merawat Kucing Persia

 

Tidak ada hewan peliharaan yang memiliki cara merawat yang sama. Kucing yang dirawat dengan baik biasanya akan bisa terus tumbuh hingga usia 15 tahun. Kucing ini adalah salah satu kucing yang membutuhkan perawatan secara serius agar bisa tampak cantik dan memiliki usia yang panjang.

Anda harus secara rutin untuk memandikan atau membawa kucing Anda ke salon agar bulunya terhindar dari kutu dan warnanya tetap cerah dan tidak kotor. Kucing persia adalah salah satu kucing yang lebih cocok untuk berada di dalam rumah. Kucing yang dilepas otomatis bulunya akan menjadi lebih cepat kotor dan menjadikannya lebih sulit untuk membersihkannya.

Jangan lupa untuk secara rutin menyisir rambutnya agar bulunya bisa tumbuh dan memiliki gelombang yang indah. Selain itu juga, bulu yang menggumpal akan membuat kucing Anda menjadi gatal dan membuatnya menggaruk pada titik gatal tersebut hingga menyebabkan luka.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: