Pengertian Kesehatan Mental, Menjaga Keseimbangan Pikiran yang Maksimal

Pengertian Kesehatan Mental, Menjaga Keseimbangan Pikiran yang Maksimal

Pengertian Kesehatan Mental - Kesehatan Mental menjadi hal yang seringkali terabaikan di tengah-tengah kesibukan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Padahal, Kesehatan Mental sangatlah penting untuk kehidupan yang seimbang dan berkualitas.

Seiring dengan peningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental, maka pengertian kesehatan mental pun semakin mencuat dan perlu kita ketahui.

Memahami pengertian kesehatan mental

Kesehatan mental merujuk pada kondisi kesehatan pikiran dan emosi seseorang yang memengaruhi cara mereka memandang, merasakan, dan bertindak terhadap kehidupan sehari-hari. 

Melindungi kesehatan mental adalah sebuah komitmen untuk menjaga kestabilan dan kesejahteraan pikiran kita. Kesehatan mental menjadi isu yang perlu diperhatikan. Pasalnya, penyakit mental (mental illness) menjadi umum terjadi di masyarakat.

Mengutip Healthline, di Amerika Serikat, sekitar satu dari lima orang dewasa mengalami setidaknya satu mental illness setiap tahun. Dan sekitar satu dari lima anak muda berusia 13-18 tahun juga mengalami mental illness di beberapa titik dalam hidup mereka.

Salah satu aspek penting dalam kesehatan mental adalah kemampuan untuk mengendalikan emosi dan stres. Ketika kita mampu mengelola emosi dengan baik, kita akan lebih mampu menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan efektif.

BACA JUGA:

Kemampuan tersebut juga membantu kita untuk memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain. Pentingnya kesehatan mental juga tidak bisa dipisahkan dari kesehatan fisik. Keduanya saling terkait satu sama lain. Kesehatan fisik yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan mental dan sebaliknya. 

Penyebab Terjadinya Penyakit Mental

Mengutip dari WebMD, berikut beberapa penyebab terjadinya penyakit mental (mental illness).

1.  Genetika (keturunan)

Penyakit mental terkadang diturunkan dalam keluarga. Kerentanan ini diturunkan dalam keluarga melalui gen. Para ahli percaya bahwa banyak penyakit mental terkait dengan kelainan pada banyak gen, bukan hanya satu atau beberapa.

Adapun cara gen tersebut berinteraksi dengan lingkungan terbilang unik untuk setiap orang (bahkan kembar identik). Itulah mengapa seseorang bisa saja mewarisi kemungkinan penyakit mental tapi belum tentu terkena penyakit mental tersebut.

Penyakit mental itu sendiri berasal dari interaksi beberapa gen dan faktor lain, seperti stres, pelecehan, atau peristiwa traumatis, yang dapat memengaruhi, atau memicu, penyakit pada seseorang yang memiliki kecenderungan bawaan untuk mengidapnya.

2.  Infeksi

Infeksi tertentu dikaitkan dengan kerusakan otak dan menyebabkan munculnya penyakit mental atau memburuknya gejalanya.

Misalnya, suatu kondisi yang dikenal sebagai pediatric autoimmune neuropsychiatric disorder (PANDAS) yang terkait dengan bakteri streptococcus disebut berkaitan dengan perkembangan gangguan obsesif kompulsif dan penyakit mental lainnya pada anak-anak.

3.  Cacat atau Cedera Otak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: