Jenis Tanaman Indoor Yang Membantu Untuk Menetralisir Udara

Jenis Tanaman Indoor Yang Membantu Untuk Menetralisir Udara

Memang, orang-orang di Indonesia masih cukup jarang memelihara tanaman ini. Namun, ternyata di wilayah eropa tanaman ini menjadi salah satu yang digemari. Selain bisa membantu menurunkan tekanan darah, tanaman ini bisa membantu bayi untuk tidur lebih pulas, dan menurunkan stress sang Ibu. Ia bisa tumbuh tidak hanya di dalam ruangan, tapi juga luar. Meletakkannya dekat jendela agar terpapar sinar matahari juga jadi ide yang baik.  

  • Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang diuji NASA dalam studi udara bersih. Lidah buaya diketahui sebagai tanaman hias yang membuat udara lebih bersih selain buahnya bermanfaat untuk banyak hal. Lidah buaya menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen ke udara di sekitarnya.

Hal tersebut turut memunculkan keyakinan jika menaruh lidah buaya dalam pot kecil di dalam kamar, bisa membantu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak berkat oksigen yang dilepaskan ke udara.

Sementara buahnya kaya akan vitamin C dan E dan berguna sebagai obat meredakan luka bakar dan peradangan kulit. Selain menyerap karbon dioksida, sukulen pada lidah buaya juga menyerap zat seperti formaldehida dan benzena. Lidah buaya tidak dapat terkena sinar matahari langsung, jadi sebaiknya jangan menjemurnya panas-panas. 

  • Lidah Mertua

Tanaman dengan nama nyentrik ini dipercaya sebagai media yang baik untuk feng shui. Lidah mertua tumbuh tegak lurus dan dapat tumbuh hingga 50 cm.

Lidah mertua serupa dengan lidah buaya, mampu menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari. Hal ini yang menjadikan lidah mertua termasuk tanaman ideal untuk dekorasi kamar tidur karena memberikan aliran udara yang sehat.

Lidah mertua juga menyerap polutan lain seperti CO2, benzene, formaldehida, xylene, dan toluene yang merupakan polusi penyebab kanker. Lidah mertua termasuk tanaman tangguh yang dapat bertahan hidup pada kondisi lingkungan kering baik di dalam ruangan atau di luar ruangan.

  • Tanaman Ivy

Tanaman ini memiliki daun dengan permukaan yang besar, merupakan sekutu yang efektif dalam mengurangi kadar formaldehida dan polutan berbahaya lainnya. Meskipun umumnya digunakan sebagai tanaman luar ruangan, kualitas pemurniannya dapat dimanfaatkan dengan baik dengan menanamnya dalam pot di dalam ruangan.

Demikianlah, informasi terkait jenis tanaman indoor yang dapat membantu menetralisir udara dalam ruangan agar tidak lembab dan mengurangi polusi. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: