Jenis Tanaman Indoor Yang Membantu Untuk Menetralisir Udara

Jenis Tanaman Indoor Yang Membantu Untuk Menetralisir Udara

Tanaman Indoor - Polusi udara bisa menimbulkan alergi, batuk, sesak napas, pusing, kekeringan pada tubuh, seperti mata berair, hidung gatal, serta tenggorokan kering, bahkan kemungkinan terburuknya dapat menyebabkan kanker paru-paru. 

Polusi udara memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kesehatan tubuh manusia. Tak sedikit warga yang mengupayakan berbagai cara untuk mengatasi engap akibat paparan polusi udara yang parah.

Banyak orang yang tidak mendapatkan udara bersih saat keluar rumah akibat terpapar polusi jalanan. Untuk itu, dengan memaksimalkan fungsi dari tanaman hias yang menyaring udara tersebut, Anda mendapatkan udara bersih dari dalam rumah.

Untuk itu, banyak orang memilih mencari alternatif lain seperti menanam tanaman hias yang mampu membersihkan polusi udara.

Tumbuhan tertentu terbukti dapat menyerap racun sehingga dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dan sekitar rumah.

BACA JUGA:

Tidak perlu bingung memilih tanaman hias yang bisa menjernihkan udara di dalam rumah. Berikut daftar tanaman hias yang mampu membantu untuk menetralisirkan udara dalam ruangan. Simak yuk!

  • Aglaonema

Aglaonema atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama sri rejeki ini cukup populer dipelihara di kalangan penyuka tanaman hias dan terdapat dalam banyak varietas. Beberapa varietas ada yang memiliki warna keperakan pada bagian tengah daun selain warna merah, warna umum pada jenis tanaman aglaonema. Hal lain yang menjadi primadona dari tanaman ini adalah kemudahan dalam merawatnya dan daya tahannya. Aglaonema dapat tumbuh di dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan rendah dan udara yang lembap sekalipun. Sementara untuk perawatannya cukup dengan menyiramnya sekali setiap minggu. Aglaonema mampu menghilangkan polutan karbon monoksida, benzene, formalin, formaldehida, dan trikloroetilen. Namun jika Anda memelihara hewan seperti anjing atau kucing, sebaiknya letakkan tanaman ini pada posisi tinggi dalam ruangan. Sebab jika tergigit atau tertelan, dapat ini meracuni teman bulu Anda.

Ingatkah kamu, beberapa tahun lalu tanaman satu ini sangatlah populer. Tidak hanya untuk dirawat, bahkan banyak orang yang menggunakan gambar daunnya sebagai desain sprei, sarung bantal, wallpaper, bahkan botol minum, dan masih banyak lagi. Selain meningkatkan kualitas oksigen dalam ruangan, monstera juga bisa membantu kamu menurunkan tingkat stress, lho. Nah, jika kamu suka belajar atau bekerja di kamar, tanaman ini juga bisa membantu kamu lebih fokus sehingga dapat meningkatkan produktivitas. 

  • Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman pembersih udara yang memiliki daun dengan perpaduan warna hijau dan kuning berkilau dari lapisan lilinnya. Kamu bisa menanamnya pada pot kecil atau menanam sirih gading ini dengan media air, lho. Cukup siapkan pot kecil transparan yang diisi dengan batu hias, serta tambahkan air secukupnya. Dengan cara ini, tanaman sirih gading akan terlihat menawan. 

Bunga cantik satu ini ternyata juga bisa menjadi tanaman pembersih udara sekaligus dekorasi menawan di dalam ruangan, lho. Gerbera Daisy mampu menyaring senyawa berbahaya di udara dan menyegarkan ruangan. Warnanya yang cantik juga bisa memanjakan mata dan membuat kamu jadi lebih rileks. Namun, tanaman satu ini sangat menyukai matahari. 

BACA JUGA:

Ingin menghadirkan suasana tenang ke rumah, sekaligus membuat udara bersih dan ruangan terlihat cantik? Nah, tanaman Peace Lily bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu, lho. Peace Lily bisa menyaring udara kotor hingga senyawa berbahaya. Namun, kalau kamu memiliki kucing atau anjing di rumah, pastikan untuk menjauhkan Peace Lily dari jangkauan mereka, ya.  Soalnya, tanaman ini mengandung racun yang berbahaya. Untuk merawatnya, kamu bisa meletakkan tanaman ini di tempat terang dan menjaga agar tanahnya selalu lembap.

  • Bunga Krisan

Tidak melulu tanaman berdaun hijau, tapi kamu juga bisa menambahkan bunga cantik penuh warna di dalam ruangan, lho. Salah satunya adalah bunga krisan yang bisa menyaring racun dan senyawa berbahaya dari plastik, deterjen, hingga lem yang bertebaran di udara.  Selain itu, bunga krisan juga bisa mempercantik area dapur dan ruang tamu di rumah.

  • Lavender 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: