7 Obat Alami untuk Mengatasi Asam Urat, Dijamin Ampuh!

7 Obat Alami untuk Mengatasi Asam Urat, Dijamin Ampuh!

Obat Asam Urat Herbal Alami - Obat alami asam urat sering menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang ingin mengatasi masalah asam urat tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan kimia. Asam urat adalah kondisi di mana tubuh memproduksi berlebihan  asam urat atau tidak stabilnya tubuh dalam menghasilkan asam urat.

Hal ini menyebabkan penumpukan kristal asam urat di sendi, yang menyebabkan nyeri dan peradangan. Diketahui terdapat beberapa obat alami yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dan meringankan gejalanya. 

Berikut beberapa obat alami asam urat yang sudah di yakini membantu menyembuhkan:

1.  Buah Ceri 

Mengkonsumsi buah ceri atau mengolahnya menjadi jus. Buah ceri telah terbukti mengandung senyawa anti peradangan yang dapat membantu mengurangi peradangan sendi.

Semua jenis buah ceri asam,bahkan dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah - adalah obat asam urat alami yang sudah di kenal luas dan populer sebagai obat alami mengatasi asam urat.

2.  Brotowali

Brotowali diyakini dapat membantu menetralisir naiknya kadar asam urat dalam tubuh,ekstrak jus batang brotowali dapat menjadi obat herbal alami untuk asam urat.

Bahkan khasiatnya sudah di-ulas dalam studi dari Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry.

BACA JUGA:

3.  Buah Stroberi dan Blueberry

Selain itu, konsumsi buah-buahan lainnya seperti stroberi dan blueberry juga baik untuk mengurangi asam urat.

4.  Jahe

Selain buah-buahan, jahe juga dikenal memiliki sifat anti peradangan dan dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh jahe, atau menggunakannya sebagai bumbu dalam masakan sehari-hari.

5.  Teh Jelatang

Tumbuhan jelatang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit dan sudah di kenal sebagai obat herbal asam urat. Tumbuhan ini di kenal bisa menyebabkan gatal jika tersentuh kulit dan ditemukan di sebuah kecamatan di kabupaten Bengkulu Selatan.

Untuk mencoba teh ini, rebus jelatang secukupnya hingga menjadi 1 cangkir teh, Minumlah hingga 3 gelas per hari.

6.  Biji Seledri

Biji seledri diketahui dapat  berperan sebagai diuretik untuk memperlancar pengeluaran asam urat dan racun,hingga dapat membantu menghilangkan nyeri sendi dan bengkak akibat asam urat.

7.  Kopi

Beberapa penelitian menemukan Kopi mengandung asam klorogenat yang dapat menstabilkan pengeluaran asam urat melalui urin. Bahkan, kopi juga disinyalir dapat menghambat kerja enzim yang menghasilkan asam urat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: