Inilah Rekomendasi Obat Asam Urat Yang Alami Dan Efektif

Inilah Rekomendasi Obat Asam Urat Yang Alami Dan Efektif

Obat Asam Urat -  Asam urat atau gout arthritis mwerupakan peradangan atau nyeri pada sendi yang disebabkan karena adanya penumpukan kristal.

Kristal tersebut adalah monosodium urate yang mengendap di sekitar sendi, sehingga menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit terjadi sebab tingginya kadar asam urat dalam darah (Hiperurisemia). 

Kadar asam urat yang tinggi berasal dari purin. Purin bisa didapat dari makanan atau minuman yang sering dikonsumsi. Makanan yang mengandung zat purin seperti hati, ampela, paru, usus, kepiting, kerang, udang, cumi dan daging merah.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Namun, pada kondisi tertentu, asam urat juga bisa menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah tinggi atau mengalami gangguan.

Gejala asam urat yang umumnya muncul dapat berupa rasa nyeri, panas, hingga pembengkakan di area persendian. Selain itu kadar asam urat yg tinggi juga dapat memicu pembentukan batu saluran kencing dan gangguan ginjal.

BACA JUGA:

Asam urat yang menumpuk di persendian menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Gejala asam urat umumnya nyeri sendi dan bengkak. Pusat nyeri di sendi kaki ditandai dengan warna merah. Selain obat medis, beberapa obat asam urat alami juga bisa membantu mengatasi asam urat.

Melansir dari berbagai sumber inilah obat asam urat alami dan efektif yang patut dicoba.

Obat Asam Urat Alami Dan Efektif

1. Vitamin C dari Buah dan Sayur

Adapun beberapa buah yang direkomendasikan untuk penderita asam urat, antara lain jeruk, jambu, mangga, nanas, dan kiwi. Sementara itu, sejumlah sayuran yang mengandung vitamin C dan baik dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah brokoli, kembang kol, paprika, dan cabai.

Di samping memperbanyak asupan vitamin C dari buah dan sayur, penderita juga dianjurkan untuk menghindari sejumlah makanan pantangan asam urat, seperti jeroan, daging merah, makanan laut, minuman beralkohol dan tinggi gula, serta makanan yang mengandung ragi.

2. Biji Seledri

Biji seledri disebut sebagai salah satu obat asam urat alami karena ekstraknya diketahui mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan di area sendi akibat peradangan pada penyakit asam urat.

Senyawa flavonoid pada seledri terbukti menurunkan kadar asam urat dengan meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine. Khasiat ini didapatkan dari zat aktifnya yakni iridoid glikosida dan flavonoid.

Selain itu, biji seledri juga mengandung beragam senyawa aktif, di antaranya luteolin dan 3-n-butylphthalide (3nB) yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan mengontrol produksi asam urat. Meski begitu, khasiat biji seledri sebagai obat asam urat alami masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Air Putih

Setiap orang dianjurkan untuk minum air putih minimal delapan gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Di sisi lain, tahukah kamu jika memperbanyak minum air putih merupakan salah satu cara alami mengobati asam urat yang efektif? Meski sebenarnya tidak secara langsung, kamu bisa mencobanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: