Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Fakta Yang Terkait Masa Kejayaan Kalingga

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Fakta Yang Terkait Masa Kejayaan Kalingga

BACA JUGA:

Diberitakan pula bahwa di bawah pemerintahan Ratu Sima, Kerajaan Kalingga menjadi pemerintahan negara yang menjunjung tinggi hukum. Berlangsungnya Kerajaan Kalingga tidak berlangsung lama. 

Sepeninggal Ratu Shima, kepemimpinan kerajaan diambil alih oleh putranya. Dari situlah, bibit-bibit kehancuran mulai tampak. Kekuatan Kerajaan Kalingga mulai melemah, ditambah dengan adanya serangan dari Kerajaan Sriwijaya. 

Dari serangan itu, daerah kekuasaannya, termasuk jalur perdagangan diambil alih. Dengan begini, berakhirlah masa kepemimpinan Kerajaan Kalingga. 

Sumber sejarah Kerajaan Kalingga memberikan banyak informasi mengenai letak, pendiri, dan masa kejayaannya. Kerajaan Kalingga merupakan salah satu kerajaan kuno yang memiliki kekuasaan dan kemajuan yang signifikan.

Namun, Kerajaan Kalingga memiliki letak yang strategis di wilayah Jawa Tengah. Pendirinya adalah Sanjaya, keturunan dari dinasti Sailendra, yang berhasil menaklukkan beberapa kerajaan kecil di sekitar wilayahnya.

Masa kejayaan Kerajaan Kalingga terjadi pada abad ke-7 dan ke-8 Masehi, di mana kerajaan ini dikenal sebagai pusat perdagangan, pertanian, pembelajaran, dan kebudayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: