Mengenal Manfaat Matoa Untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Keguguran

Mengenal Manfaat Matoa Untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Keguguran

Manfaat MatoaSaat sedang hamil, kandungan gizi sangat penting dibutuhkan untuk kesehatan ibu dan janin. Salah satunya mengonsumsi sayur - sayuran serta buah - buahan.

Ibu hamil penting untuk mengontrol makan - makanan yang sehat untuk menjaga serta merawat kesehatan ibu dan janin, salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi buah matoa.

Mungkin masih terdengar asing bagi kamu yang belum pernah mendengar atau melihat sendiri jenis buah satu ini.

Matoa (Pometia pinnata) merupakan tanaman buah khas dari Papua. Pohon matoa tergolong besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dan berdiameter rata-rata maksimum 100 cm. 

Buah khas dari Indonesia yang berasal dari Papua ini memiliki banyak sekali manfaat yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh baik yang sedang hamil maupun tidak.

BACA JUGA:

Penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 m dpl.

Kandungan buah matoa

Buah matoa kaya akan kandungan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan penting untuk menunjang kesehatan ibu hamil. Berikut ini kandungan yang terdapat dari buah matoa.

Jenis Buah Matoa

  • Pometia pinnata
  • Pometia coreaceae
  • Pometia acuminata. 

Manfaat Buah Matoa

Mencegah Serangan Bakteri

Manfaat buah matoa yang pertama yaitu mampu mencegah serangan bakter pada ibu hamil, sebab ibu hamil rentan mengalami serangan bakteri dan virus.

Menurut sebuah penelitian, diketahui bahwa matoa punya zat antimikroba alami. Infeksi saluran napas dan kemih yang disebabkan bakteri dapat diredakan dengan matoa.

Selain itu, matoa juga dapat membantu mengatasi serangan bakteri pada usus. Di desa-desa Papua dan Kalimantan, matoa sejak dulu sudah dijadikan obat sakit perut. 

Bisa Mengurangi Stress

Kandungan yang terdapat di dalam buah matoa membantu mengurangi stres yang diderita oleh perempuan yang sedang mengandung, biasanya ibu hamil rentan memiliki hormon yang tinggi sehingga membuat dirinya lebih sensitif dan emosinya yang tidak stabil.

Akibat hormon yang tinggi dan emosi yang tidak stabil ini menimbulkan stres bagi ibu hamil, kondisi ini dapat mengganggu kesehatan janin. Solusinya untuk mencegah dan mengurangi stres pada ibu hamil yaitu dengan mengonsumsi buah matoa.

Buah yanhg kaya akan kandungan Vitamin E memiliki manfaat untuk menstabilkan emosi dan suasana hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: