Kenali Manfaat Buah Matoa Untuk Ibu Hamil

Kenali Manfaat Buah Matoa Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Matoa -  Buah matoa atau Pometia pinnata   banyak ditemukan di tanah Papua. Pohonnya tinggi, bahkan bisa mencapai 18 meter. Selain di Papua, matoa juga dapat ditemukan di pedalaman Kalimantan. 

Cita rasanya unik, agak mirip rambutan, leci, dan kelengkeng. Daging buahnya berair dan sangat manis. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa matoa kaya vitamin C dan E sebagai antioksidan. Selain itu, matoa juga mengandung banyak air dan mineral.

Sumber lain menyebutkan bahwa kulit dan biji matoa berpotensi sebagai antimikroba alami. Bahkan disebutkan kalau kulit buah matoa justru mengandung antioksidan yang lebih tinggi daripada biji dan daging buahnya. 

Nah, buah matoa juga sangat bermanfaat lho untuk ibu hamil. Yuk simak!

BACA JUGA:

Manfaat Buah Matoa Untuk Ibu Hamil

1. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin C dan vitamin E pada buah matoa. Zat gizi pada buah matoa tersebut berperan sebagai antioksidan, yakni zat yang dapat mencegah atau menunda kerusakan sel, yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Manfaat ini tentu penting untuk ibu hamil dan janinnya. Manfaat antioksidan dari buah matoa ini lebih banyak ditemukan pada kulitnya dibandingkan dengan daging buah maupun bijinya. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengonsumsi atau mengolah kulit buah matoa menjadi makanan untuk mendapatkan manfaat tersebut.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Buah matoa memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh pada ibu mengandung. Pasalnya, buah ini mengandung vitamin C, yaitu vitamin yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C juga mendorong produksi sel darah putih yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi. Kandungan vitamin C buah matoa juga merupakan zat gizi penting untuk sistem perlindungan kulit.

Peran vitamin C sebagai antioksidan bisa memperkuat lapisan kulit. Di sisi lain, kekurangan vitamin C dapat membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, mengonsumsi buah matoa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

3. Mengurangi Stress

Manfaat buah matoa untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu mengurangi stres. Menurut The Journal of American Psychosomatic Society, depresi atau stres berkepanjangan dan stres oksidatif adalah dua kondisi yang saling berkaitan. Stres oksidatif menurut Oxidative Medicine and Cellular Longevity adalah kondisi tidak seimbangnya kadar antioksidan tubuh dengan produksi dan akumulasi dari zat yang disebut spesies oksigen reaktif.

Ketidakseimbangan ini dapat memicu kerusakan sel dan meningkatkan risiko berbagai penyakit. Nah, kandungan vitamin E pada buah matoa dapat membantu mengatasi stres oksidatif, sehingga dapat sekaligus mengatasi stres. Manfaat vitamin E ini dibuktikan dalam penelitian pada Iranian Journal of Kidney Disease.

4. Mencegah Keguguran

Tahukah kamu bahwa kandungan vitamin E pada buah matoa bermanfaat mencegah keguguran pada ibu hamil? Selain baik untuk kesehatan sistem reproduksi, meningkatkan asupan makanan yang mengandung vitamin E ternyata dapat mengurangi risiko keguguran pada wanita yang sedang hamil.

Apalagi, John Hopkins Bloomberg School of Public Health menyatakan bahwa kekurangan vitamin E berkaitan erat dengan meningkatnya risiko keguguran. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah matoa yang kaya akan kandungan vitamin E berpotensi mengurangi risiko tersebut. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat buah matoa untuk ibu hamil ini. 

Itulah, beberapa manfaat yang terkandung dalam buah matoa yang baik untuk ibu hamil dan juga janin yang ada dalam kandungan. Semoga bemanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: