Baik Dikonsumsi Secara Rutin Buah Matoa Mengandung Sejuta Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja?

Baik Dikonsumsi Secara Rutin Buah Matoa Mengandung Sejuta Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja?

Mnafaat buah matoa yang bagus untuk kesehatan.--instagram.com/berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Buah Matoa merupakan salah satu tanaman asli Indonesia, buah ini kerap dijadikan obat tradisional karena memberikan manfaat bagi kesehatan. Buah Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman tropis yang masih satu keluarga dengan leci dan kelengkeng. 

Tanaman yang tingginya dapat mencapai delapan belas meter ini banyak ditemukan di daerah Papua, Fiji, dan sejumlah negara di Asia.

Buah ini memiliki ukuran sebesar bola pingpong dengan kulit berwarna hijau atau cokelat serta daging buah berwarna putih dengan biji berukuran kecil dan keras di dalamnya. 

Buah matoa biasanya dimakan segar dan memiliki rasa manis serta sedikit asam. Pohon-pohon dari Buah matoa tumbuh di hutan belantara dan tingginya bisa mencapai 18 meter. Matoa menjadi sangat populer karena khasiat untuk kesehatannya yang luar biasa.

BACA JUGA:

Banyaknya khasiat dari buah matoa tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah tersebut. Sehingga tak heran jika mengkonsumsi buah matoa dapat memberikan khasiat yang baik untuk kesehatan.

Buah matoa memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan yang dapat dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat. Berikut ini manfaatnya:

Sumber Antioksidan  

Buah matoa mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid. Ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Melawan Penyakit Infeksi

Buah matoa ternyata juga berguna untuk melawan penyakit infeksi. Daging buah ini juga mengandung saponin yang bekerja dengan cara merusak bakteri. Namun, penelitian terhadap manfaat daging buah matoa sendiri memang masih terbatas. Meski begitu, para ahli mengungkapkan bahwa bukan tidak mungkin suatu saat nanti buah ini menjadi sumber bahan alami untuk antibiotik.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah matoa yang satu ini didapat dari kandungan berbagai zat gizi, seperti kalsium, fosfor, dan vitamin C. Kalsium dan fosfor merupakan mineral penting untuk tulang. Ketiganya membangun struktur tulang agar tetap padat. Secara berturut turut, ketiganya dapat ditemukan pada tulang sebanyak 99% dan 85%. Sementara itu, vitamin C merangsang pembentukan kolagen, yakni protein yang penting di dalam tulang. Vitamin ini juga merangsang sel osteoblas atau sel pembentuk tulang.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: