Sepele! Ternyata Rutin Menggantung Kaki Sebelum Tidur Hampir Mengobati Semua Penyakit

Sepele! Ternyata Rutin Menggantung Kaki Sebelum Tidur Hampir Mengobati Semua Penyakit

Ilustrasi legs up the wall.--Pinterest.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Kebiasaan mengangkat kaki ke tembok sebelum tidur ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Pose yang mudah dilakukan ini tak hanya menawarkan relaksasi, tetapi juga solusi alami untuk berbagai keluhan kesehatan

Pose ini sangat familiar dengan nama sikap lilin atau legs up the wall. Bahkan, dalam bahasa Sansekerta pose ini juga dikenal sebagai viparita karani dan berarti beraksi terbalik. 

Teknik peregangan untuk meredakan ketegangan fisik dan mental ini dapat membuat tubuh rileks serta membuatnya lebih siap beristirahat. Pose ini mudah dilakukan karena kamu tinggal mengangkat kedua kaki lurus ke atas dan menyandarkannya ke tembok. 

Bahkan ahli masalah tidur dan saraf dari University of Chicago Medical Center AS, Dr. Kenneth Lee menjelaskan, beberapa gerakan yoga bisa menenangkan saraf dan pikiran.

BACA JUGA:

Di samping itu, banyak orang melakukan pose ini ketika sedang bersantai karena memberikan efek relaksasi. Meskipun terlihat sepele, pose ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Menenangkan Kram Otot

Mengangkat kaki ke tembok adalah salah satu cara termanjur untuk membantu meredakan ketegangan dan meredakan kaki dan kaki yang bengkak atau kram. Hal ini biasa dilakukan setelah aktivitas fisik atau dari efek buruk duduk/berdiri di siang hari. Selain itu, leg-up-the-wall ini bahkan dapat membantu relaksasi dasar panggul dan meringankan kram menstruasi dan masalah terkait seperti nyeri punggung dan sakit perut. Diketahui, otot-otot panggul secara alami terlepas dan rileks dalam posisi ini, terlebih lagi dengan bantalan di bawah panggul, menghasilkan latihan konstruktif untuk dasar panggul yang tegang.

Meningkatkan Sirkulasi Cairan Tubuh

Manfaat utama pose angkat kaki ke tembok yaitu mengembalikan sirkulasi cairan tubuh yang tersimpan di kaki.

Memperkuat Imun Tubuh

Pose mengangkat kaki ke tembok membuat darah mengalir lebih baik sehingga meningkatkan sirkulasi getah bening, membantu tubuh membuang racun, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meredakan Nyeri Punggung 

Mengutip artikel “Is Objectively Measured Sitting Time Associated with Low Back Pain? A Cross-Sectional Investigation in the NOMAD study”, duduk dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan tekanan yang signifikan pada punggung bawah. Apabila dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan nyeri punggung bawah yang berkelanjutan. Mengangkat kaki ke tembok dapat mengurangi tekanan pada punggung bawah sehingga dapat membantu meredakan rasa sakit atau ketidaknyamanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: