Segera Hentikan! 10 Kebiasaan Buruk ini Perlahan Dapat Merusak Otak Tanpa Disadari

Segera Hentikan! 10 Kebiasaan Buruk ini Perlahan Dapat Merusak Otak Tanpa Disadari

Ilustrasi kebiasaan sehari-hari yang dapat membuat otak rusak. -ilustrasi-berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Otak merupakan organ vital yang mengendalikan tubuh. Ketika Otak rusak, maka itu dapat memengaruhi kinerja tubuh, termasuk pikiran, memori, sensasi, dan lainnya.

Para ilmuwan telah menyarankan beberapa perubahan gaya hidup dapat meningkatkan pengetahuan, daya imajinasi dan ketahanan mental. 

Karena itu, perubahan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari berperan dalam menjaga fungsi otak secara optimal. Otak merupakan organ yang sangat kompleks dan berfungsi dalam mengatur segala proses dalam tubuh, termasuk dalam mengatur detak jantung, keseimbangan cairan, tekanan darah, keseimbangan hormon, dan suhu tubuh. 

Otak juga merupakan organ yang bertanggung jawab dalam terjadinya gerakan, kognisi, kemampuan belajar, mengingat, emosi bahkan kesehatan manusia. Sayangnya, tanpa kita sadari, beberapa hal kecil yang kita lakukan sehari-hari ternyata dapat merusak otak dan mengganggu fungsinya.

BACA JUGA:

Lantas, apa saja kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak otak?

1. Merokok dan Minum Alkohol

Dua kegiatan ini sering kali dilakukan secara bersamaan ataupun salah satunya. Tahu kah kamu kalau Merokok dan Minum Alkohol bukan hanya akan membahayakan paru-paru namun juga dapat merusak otak karena kebiasaan ini dapat mengurangi asupan oksigen ke otak. Selain itu merokok juga dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan alkohol bisa menyebabkan gangguan memori dan memperlambat waktu reaksi juga loh. 

2. Kurang Tidur

Menurut CDC, sepertiga orang dewasa tak mendapatkan tujuh hingga delapan jam untuk tidur per hari. Padahal, kebiasaan kekurangan waktu tidur akan membuat daya ingat seseorang menurun. Selain itu, kemampuan seseorang untuk memecahkan suatu masalah juga akan berkurang jika kurang tidur.

3. Mendengarkan Musik Terlalu Keras

Banyak orang yang suka mendengarkan musik memakai earphone atau headphone dengan volume yang tinggi. Padahal, kebiasaan ini tak hanya bisa merusak pendengaran, tapi juga otak. Kebiasaan mendengarkan musik terlalu keras bisa mengakibatkan sejumlah masalah lanjutan pada otak seperti kehilangan memori atau kerusakan jaringan secara permanen hanya dalam 30 menit. Hal ini karena otak Anda harus bekerja sangat keras untuk memahami apa yang dikatakan di sekitar Anda sehingga tidak dapat menyimpan apa yang Anda dengar ke dalam memori.

4. Kurang Minum Air Putih

Sebanyak 80% dari otak adalah air. Oleh karena itu, otak butuh banyak asupan air agar kita dapat berpikir cepat dan fokus. Sangat penting untuk menjaga tubuh tetap dalam keadaan terhidrasi sepanjang waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: