Minuman yang Baik dan Aman Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung, Apa Saja Sih?

Minuman yang Baik dan Aman Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung, Apa Saja Sih?

Ilustrasi minuman yang baik dan aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Penyakit asam lambung dapat menimbulkan rasa tak nyaman yang begitu hebat. Mulai dari nyeri pada ulu hati, sensasi terbakar di dada hingga rasa mengganjal di tenggorokan. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa minuman penurun asam lambung dan membuatnya kembali turun. Penyakit ini terjadi saat asam lambung kembali mengalir ke kerongkongan. Kondisi ini lah yang bisa memicu rasa tak nyaman. 

Berhati-hatilah dalam memilih minuman yang baik untuk asam lambung tidak hanya mencegah, namun juga meredakan gejalanya saat kambuh. Pasalnya, beberapa jenis minuman dapat membantu mengatasi rasa perih akibat meningkatnya asam lambung. 

Artikel ini akan membahas daftar minuman yang baik dikonsumsi untuk asam lambung agar gejalanya tidak kambuh dan membaik. Yuk, simak penjelasannya di ulasan berikut ini.

BACA JUGA:

Minuman yang Baik dan Aman Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung

Air kelapa

Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, infeksi kandung kemih, sembelit dan cacingan. Tapi ternyata air kelapa juga termasuk dalam salah satu minuman yang baik untuk asam lambung lho. Ini disebabkan air kelapa punya kandungan karbohidrat dan elektrolit seperti kalium, magnesium dan natrium. Kandungan dalam air kelapa itu punya khasiat meng-hidrasi tubuh sekaligus jadi efek pendingin. Sedangkan kaliumnya bisa menyeimbangkan keasaman tubuh termasuk lambung.

Susu dingin rendah lemak 

Susu dingin rendah lemak dapat memberikan bantuan instan saat asam lambung naik. Namun efek tersebut tidak berlaku bagi susu tinggi lemak, karena lemak yang tinggi bisa memperburuk refluks asam.

Air putih

Minuman pertama yang baik dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung adalah air putih. Meski menyehatkan, kamu perlu mengetahui kadar pH air sebelum dikonsumsi. Pasalnya, kebanyakan pH air cenderung netral atau mencapai angka 7, sehingga tidak menutup kemungkinan jika air putih dapat meningkatkan kadar pH dari setiap makanan yang dikonsumsi. 

Jus buah

Sejumlah buah-buahan, seperti nanas dan jeruk memang tidak direkomendasikan untuk penderita asam lambung. Namun, konsumsi jus buah, seperti pir, semangka, pepaya, pisang, dan pit dapat menjadi alternatif minuman untuk asam lambung. Misalnya, pisang dikenal dengan kandungan pektin yang membantu menstabilkan asam lambung, sementara pepaya mengandung enzim papain untuk membantu pencernaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: