Minuman yang Baik dan Aman Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung, Apa Saja Sih?

Minuman yang Baik dan Aman Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung, Apa Saja Sih?

Ilustrasi minuman yang baik dan aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung.--unsplash.com

Teh chamomile

Teh herbal, seperti chamomile, dapat meringankan pencernaan dan menenangkan masalah lambung, seperti produksi gas berlebih. 

Cuka sari apel 

Cuka sari apel yang diencerkan dengan air hangat dan diminum secara teratur dapat mencegah asam lambung kambuh dan mengurangi gejalanya.  

BACA JUGA:

Minuman probiotik 

Minuman probiotik seperti yogurt mengandung bakteri yang ramah di usus untuk meningkatkan kesehatan sistem penernaan dan usus. Ketika asam lambung naik, mengonsumsi yogurt juga dapat membantu mengurangi gejala heartburn karena sifatnya dapat menetralkan asam lambung dan menenangkan perut akibat Gerd.

Smoothies buah-buahan 

Asupan smoothies yang kaya serat dapat membantu meringankan gejala asam lambung naik. Komposisi smoothies yang direkomendasikan adalah campuran dari pisang, oat, dan susu dingin rendah lemak yang cukup mudah di buat di rumah. Selain itu, campuran smoothies dari buah-buahan yang dapat mengatasi refluks asam juga dapat membantu. Seperti smoothies buah semangka, mentimun, alpukat hingga jus lidah buaya.

Air hangat

Air mineral disebut dapat membantu pencernaan dan motilitas makanan keluar dari lambung dan masuk ke usus kecil. Dengan kemampuannya, air dapat membantu mengurangi gejala refluks asam. Mengutip Healthline, studi menemukan, air alkali dapat membantu menenangkan gejala pencernaan seperti refluks asam. Air ini memiliki pH yang dimodifikasi, yang dapat membantu menetralkan asam lambung.

Wedang jahe

Jahe mampu menghambat asam dan menekan bakteri Helicobacter Pylori yang memicu munculnya gejala asam lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin.

Demikianlah, ulasan artikel di atas terkait minuman yang baik dan aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: