Rambut kamu tumbuh uban di usia muda? mungkin ini alasannya!

Rambut kamu tumbuh uban di usia muda? mungkin ini alasannya!

Uban Di Usia Muda - Kita pasti sering melihat orang tua dengan rambut penuh Uban, rasanya sudah sangat identik sekali jika sudah tua pasti rambut jadi beruban.

Tapi, mungkinkan jika masih mudah sudah mempunya uban di rambut?

Jawabannya mungkin! Tumbuhnya uban di rambut tidak mengenal usia dan jenis kelamin, rambut yang memutih ini dapat tumbuh pada rambut kepala siapapun tanpa terkecuali.

Tapi ada beberapa hal yang membedakan alasan tumbuhnya di rambut usia muda dan usia tua.

Yang sering disebut orang orang, tumbuhnya uban di usia muda dikarenakan beban stress yang menumpuk.

Hal itu benar adanya, menurut penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Nature, stress bisa memicu pertumbuhan uban yang lebih banyak.

Melalui penelitian ini, diketahui bahwa hormon kortisol yang diproduksi oleh tubuh ketika sedang stress akan memengaruhi kondisi kesehatan, termasuk pada folikel rambut. Itulah yang membuat uban tumbuh di rambut kamu saat stress berat.

Tapi selain Stress, ada faktor faktor lain yang membuat rambut kamu beruban di usia muda, faktor faktor yang dimaksud termasuk :

1. Faktor Genetika

Keturunan berperan penting dalam mengatur warna rambut seseorang. Jika ada riwayat keluarga dengan rambut beruban di usia muda, maka kemungkinan kamu juga akan mengalami hal serupa.

Gen tertentu yang diwariskan dari orangtua dapat mempengaruhi produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada rambut, dan menyebabkan rambut beruban.

BACA JUGA:

2. Kekurangan Melanin

Rambut mendapatkan warnanya dari melanin, pigmen alami yang diproduksi oleh sel melanosit di folikel rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: