Sayur Asem Varian Sunda, Pedas Bercampur Sedikit Manis

Sayur Asem Varian Sunda, Pedas Bercampur Sedikit Manis

Selanjutna buah labu siam dikupas dan dibelah. Kedua belah potongan labu siam digesek-gesekkan untuk  membuang getah buah  yang mungkin masih ada.

Saat mengupas buah labu siam jangan terlalu tebal, sehingga menghabiskan daging buah. Kupas tipisp-tipis saja menggunakan pisau yang tajam. Potong kecil-kecil memanjang dan dipotong-potong lagi menyerupai empat persegi selanjutnya dicuci bersih.

BACA JUGA:Resep Lumpia Goreng yang Lezat Mudah Pembuatannya

Tahapan berikut ambil daun kol, cuci bersih lalu dipotong berukuran kecil. Cuci bersih ikan teri agar terbuang sisa-sisa garam dan buang bagian kepalanya.

Jagung dipotong kecil-kecil tanpa melepas bongkolnya. Juga bersih juga terung kemudian potong menjadi kecil-kecil.

Setelah semua bahan dicuci bersih, selanjutnya rebus air diwajan sebanyk 2-3 liter atau secukupnya menurut kebutuhan anggota keluarga yang akan memakannya.

BACA JUGA:Resep Kuah Kacang: Sajian Lezat untuk Berbagai Hidangan

Setelah itu masukkan bumb-bumbu yang sudah ditumbuk halus dan tidak lupa masukkan cabai giling yang sudah ditumbuk halus. Jangan terlalu banyak karena akan menimbulkan rasa yang sangat pedas secukupnya saja dan tambahkan sedikit gula pasir (jika menyukainya).

Setelah air hampir mendidih masukkan buah melinjo, dan setelah hampir matang masukkan kacang tanah dan jagung.

Kemudian setelah semuanya matang masukkan iokan teri, lalu masukkan pula labu siam, dan daun kol. Jangan lupa masukkan potongan kacang panjang dan treung, kemudian asam jawa atau asam kandis dan garam secukupnya ditambah sedikit penyedap rasa.

BACA JUGA:Resep Perkedel Yang Enak, Begini Cara Buatnya

Setelah semua bahan-bahan terasa lembut dan matang sayur asem varian sunda siap disajikan (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: