Serba Serbi Sepeda Listrik Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membelinya

Serba Serbi Sepeda Listrik Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membelinya

- Sepeda listrik dilengkapi dengan baterai yang digunakan untuk menyimpan energi listrik. Baterai ini dapat diisi ulang menggunakan daya listrik dari sumber tegangan, seperti colokan rumah atau stasiun pengisian baterai khusus. Kapasitas baterai dan jarak tempuh bervariasi tergantung pada model dan merek sepeda listrik.

- Sepeda listrik biasanya dilengkapi dengan sistem pedal assist (bantuan bersepeda) yang dapat disesuaikan. Saat sistem ini diaktifkan, motor akan memberikan daya tambahan saat kamu mengayuh, membuatnya lebih mudah untuk berkendara dalam berbagai kondisi.

BACA JUGA:Pemkot Bekasi DIminta Terbitkan Surat Edaran Larangan pelajar Menggunakan Sepeda Motor ke Sekolah

- Kecepatan maksimum sepeda listrik biasanya menyesuaikan dengan peraturan di tempat kamu, dan sebagian besar sepeda listrik dirancang untuk mencapai kecepatan antara 25 hingga 45 km/jam dengan jarak tempuh sampai 50 km perjalanan nonstop

- Sepeda listrik umumnya dianggap sebagai transportasi yang lebih ramah lingkungan dibandingkan kendaraan bermotor berbahan bakar fosil, karena mereka tidak menghasilkan emisi gas buang langsung saat digunakan.

- Sepeda listrik dan motor listrik mengangkat beban yang tidak terlalu berat, biasanya dipatok maksimal 120 kg. Akan tetapi, beberapa merk sepede listrik mampu mengangkat beban sampai dengan 150 kg.

- Sepeda listrik dapat membantu meringankan masalah macet dan masalah parkir di kota-kota, karena ukurannya tergolong lebih kecil dan lebih mudah untuk diparkir daripada mobil.

- Meskipun sepeda listrik memberikan bantuan motor, kamu tetap harus mengayuh layaknya sepeda pada umumnya, dan kamu tetap akan mendapatkan manfaat kesehatan dan kebugarannya.

- Sepeda listrik umumnya lebih murah dalam hal perawatannya dibandingkan dengan kendaraan bermotor, karena biaya pengisian baterai jauh lebih rendah daripada membeli bahan bakar bensin atau diesel.

- Waktu pengisian baterai sepeda listrik tergolong cepat, yaitu 5-6 jam untuk kapasitas penuh dan 3 jam untuk pengisian cepat

Itulah hal hal yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan membeli sepeda listrik untuk diri kamu sendiri atau sebagai hadiah untuk saudara maupun keponakan kamu.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: