Air Zamzam Hanya Ada di Makkah

Air Zamzam  Hanya Ada di Makkah

JAKARTA, RADARPENA - Air zamzam, terdapat di Kota Makkah Al-Mukarammah di Arab Saudi Timur Tengah. Air ini menjadi minuman sehari-hari jamaah umrah dan haji. Toko-toko penyedia perlengkapan haji dan umrah turut menjual air zamzam.

Masyarakat dapat membeli, tanpa harus datang ke Arab Saudi. Hanya saja, saat sedang umrah dan haji, biasanya jamaah membawanya untuk oleh-oleh untuk  jiran tetangga maupun kerabat. Air zamzam diyakini banyak memiliki khasiat.

Berikut Pernyataan Rasulullah SAW mengenai air zamzam dalam sebuah hadistnya

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قاَلَ قَالَ رَسُوْلُ الله ِصَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ إِنْ شَرِبْتَهُ تَسْتَشْفِي شَفاَكَ الله ُوَإِنْ شَرِبْتَهُ لِشَبْعِكَ أَشْبَعَكَ

الله ُوَإِنْ شَرِبْتَهُ لِقَطْعِ ظَمْئِكَ قَطَعَهُ اللهُ وَهِيَ هَزْمَةُ جِبْرَائِيلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَسُقْيَا اللهِ إسْمَاعِيْلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ  رواه الدارقطني والحاكم وقال صحيح الإسناد

Dari Ibnu Abbas radiallahu anhu Rasulullah bersabda Air zamzam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk  obat, semoga Allah SWT menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk  menghilangkan dahaga, semoga Allah SWT menghilangkannya. Air Zamzam adalah galian Jibril, dan curahan minum dari Allah SWT kepada Ismal.

BACA JUGA:Mukjizat Nabi Yahya Harus Kita Ketahui

Secara singkat asal muasal air zamzam adalah taktala Nabi ismal masih bayi. Ia dan ibundanya Siti Hajar ditinggalkan disuatu Lembah yang sangat luas dan tandas dengan nama Bakkah oleh ayahnya sekaligus suami dari Siti Hajar yang bernama Nabi Ibrahim AS. Nama Bakkah setelah itu berubah menjadi Makkah.

Apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim merupakan perintah Allah yang harus dilaksanakan. Keluarga Ibrahim mematuhi perintah itu dengan taat. Saat Ismail digeletakkan diatas tanah sambail menangis menghentak-hentakkan kaki mungilnya ke tanah. Seketika itu muncul air yang sangat deras dari bawah kaki Nabi ismail.

Selanjutnya spontan Siti Hajar menyebut zam-zam yang artinya berkumpullah-berkumpullah. Maksud Siti Hajir memanggil siapapun yang ada disekitar Bakkah untuk datang berkumpul , karena sudah terdapat Air.

BACA JUGA:Manfaat Air Zam Zam Dalam Dunia Medis

Saat itu Siti Hajar melakukan perjuangan lebih dulu untuk  mendapatkan air. beliau berlari-lari kecil dari satu bukit yang bernama Safa menuju ke bukit yang lain bernama Marwa. Jumlah hitungannya hingga tujuh (7) kali pulang pergi.

Sungguh ajaib air zam-zam yang sudah ada sejak Zaman Nabi Ismail itu, hingga sekarang masih tetap ada. Kondisinya sekarang dibuatkan sumur dengan nama Sumur Zamzam. pemerintah Arab Saudi setiap musim umrah dan haji selalu sibuk menyediakan air zam-zam bagi kebutuhan jamaah yang ingin berwudhu maupun ingin minum air zam zam (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: