Inilah Pengertian Dan Jenis-Jenis Puasa Sunnah Yang Perlu Kita Ketahui Serta Bacaan Niatnya

Inilah Pengertian Dan Jenis-Jenis Puasa Sunnah Yang Perlu Kita Ketahui Serta Bacaan Niatnya

JAKARTA, RADARPENA -  Puasa dalam ajaran islam adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh pemeluknya. Dalam Al-Qur'an, kewajiban untuk mengerjakan ibadah puasa telah tertuang dalam firman Allah SWT pada surat AL-Baqarah ayat 183:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS Al-Baqarah: 183).

Puasa sunnah adalah puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, namun tidak wajib untuk mengerjakannya. Dalam Islam, terdapat macam - macam Puasa sunnah yang dapat dikerjakan.

BACA JUGA:Begini Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Serta Manfaatnya

Dalam Islam, puasa dibagi menjadi puasa fardhu atau wajib dan puasa sunnah. Adapun pengertian puasa sunnah sendiri cukup beragam. Ada banyak pendapat yang dikemukakan oleh para ulama terkait pengertiannya.

Pengertian Puasa Sunnah

Mengutip dari buku Panduan Praktis Menjalankan Puasa Sunnah karya Siti Nur Aidah dan Tim Penerbit KBM Indonesia (2021), pengertian puasa sunnah adalah jenis puasa yang jika dikerjakan akan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak akan mendapat dosa ataupun pahala.

Allah SWT telah menurunkan firman tentang perintah berpuasa yang terdapat pada Surat Al Baqarah ayat 185 yang artinya,

BACA JUGA:Idul Adha 2023 : Jadwal Pelaksanaan Puasa Tarwiyah Dan Arafah, Serta Niat Dan Keutamaan Puasa

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.”

Jenis-Jenis Puasa Sunnah Dan Niatnya 

Berikut adalah jenis-jenis puasa sunnah dalam ajaran Islam yang bisa dikerjakan oleh umat muslim.

1. Puasa Senin dan Kamis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: