Jadwal dan Niat Puasa Ayyamul Bidh Rajab 2024 Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin Beserta Artinya

 Jadwal dan Niat Puasa Ayyamul Bidh Rajab 2024 Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin Beserta Artinya

Al-quran.-Foto: Unsplash.com/AbdullahArif-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Puasa Ayyamul Bidh Januari 2024 bertepatan dengan bulan Rajab, salah satu dari empat bulan haram (Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram, dan Rajab), yakni bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Puasa Ayyamul Bidh di bulan Januari dimulai pada tanggal 25 Januari 2024, besok. Artinya, malam nanti umat Muslim dapat melaksanakan sahur dan membaca niat puasa Ayyamul Bidh.

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas, puasa di ayyamul bidh dihukumi sunnah muakkad, sebuah amalan yang sangat dianjurkan.

"Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: 'Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian'." (HR an-Nasa'i dengan sanad hasan).

BACA JUGA:

Mengutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama, ayyamul bidh berarti hari-hari yang cerah. Ayyamul bidh juga dapat diartikan sebagai hari yang malamnya disinari bulan purnama. Diketahui bahwa ada waktu-waktu tertentu yang dianjurkan dalam melaksanakan puasa ayyamul bidh.

Anjuran puasa ayyamul bidh disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas. Masih merujuk pada sumber yang sama, puasa ayyamul bidh hukumnya adalah sunnah muakkad atau sangat diutamakan.

Niat Puasa Ayyamul Bidh Rajab 2024 

Dalam ajaran Islam, semua amal ibadah harus didauhului dengan niat yang tulus ikhlas. Tak terkecuali dalam ibadah puasa sunnah. Niat ini boleh dilafalkan atau cukup dalam hati dengan maksud untuk menguatkan tekad dan tujuan ibadah puasa tersebut hanya semata-mata karena Allah. Berikut bacaan niat puasa ayyamul bidh:

 نويت صوم غد ايام البيض سنة لله تعالى. 

Latin: Nawaitu Shauma Ghadin Ayyaamul Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala. 

Artinya: Saya niat berpuasa besok pada hari-hari putih sunnah karena Allah Ta'ala.

 

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: