Catat! Bacaan Niat Serta Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh Tanggal 26, 27, dan 28 Desember 2023

Catat! Bacaan Niat Serta Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh Tanggal 26, 27, dan 28 Desember 2023

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menurut hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas, puasa Ayyamul Bidh dihukumi sunnah muakkad, yakni sebuah amalan yang sangat dianjurkan. Dengan melaksanakan ibadah puasa ini, maka umat Islam akan mendapatkan banyak keutamaan.

Ayyamul bidh apabila diterjemahkan berarti "hari-hari putih," merujuk kepada hari-hari ketika bulan purnama bersinar terang di langit. Pada momen ini, umat Muslim dianjurkan untuk menjalankan puasa ayyamul bidh. 

Pada bulan ini, puasa Ayyamul Bidh jatuh pada tanggal 26, 27, 28 Desember 2023. Puasa ini hukumnya sunnah muakkad, berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas. 

“Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah SAW sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian’.” (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

BACA JUGA:

Niat Puasa Ayyamul Bidh Desember 2023

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaytushaumaayyâmilbîdllillâhita’âlâ.

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Niat puasa Ayyamul Bidh ini disunnahkan untuk dilafalkan dengan lisan, tidak sekadar dibaca dalam hati. Niat puasa Ayyamul Bidh juga boleh dibaca pada pagi hari sampai posisi matahari condong ke barat dengan catatan belum makan ataupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilakukan.

 

Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh

Setelah mengetahui niat puasa Ayyamul Bidh maka dapat dilakukan sejak malam hari hingga siangnya sebelum masuk waktu zawal atau saat matahari tergelincir ke barat. Adapun syaratnya belum melakukan hal-hal seperti makan, minum ataupun hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak terbit fajar ataupun masuk waktu subuh.

Pada saat makan sahur juga lebih utama untuk makan sahur ketika menjelang masuk waktu subuh sebelum imsak lalu menahan lapar dan segala hal-hal yang membatalkan sampai waktu berbuka puasa.

Kemudian untuk waktu berbuka puasa dilaksanakan setelah tiba waktu maghrib dan dianjurkan untuk segera berbuka. Puasa Ayyamul Bidh juga bisa digabung dengan puasa senin kamis terutama jika belum mengganti puasa Ramadhan sebelumnya.

BACA JUGA:

Doa Buka Puasa Ayyamul Bidh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: