Apa Itu Blockchain? Dan Seperti Apa Penggunaannya?

Apa Itu Blockchain? Dan Seperti Apa Penggunaannya?

Jika salah satu blok dirusak, akan menyebabkan hash blok berubah dan membuat semua blok berikutnya tidak valid. 

Katakanlah salah satu blok dirusak dan semua hash blok berikutnya dihitung ulang, maka ada kemungkinan rantai blok telah disusupi. Untuk mengatasi masalah ini, ada konsep yang disebut proof of work (POW).

BACA JUGA:Yuk Intip Cara Menarik Uang di Dana, Salah Satunya Bisa Lewat Alfamart Loh

Kelebihan Blockchain

  • Kualitas Keamanan Data Terjamin

Database yang ada di dalam blockchain bersifat append only, dimana hanya bisa menambahkan dan tidak bisa atau tidak memberikan akses untu memperbaiki data tersebut. dengan demikian akan menyulitkan peretas yang hendak meretas data yang ada di dalam blockchain.

  • Menggunakan Lebih Banyak Sistem Transparan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teknologi blockchain ini menawarkan keunggulan dalam hal efisiensi dalam pencatatan transaksi dan penelusuran datanya. Ini juga menunjukkan keamanan dan transparansi data yang disimpan. Hal ini dibuktikan dengan selama proses transaksi berlangsung, semua pihak dapat melihat akses publik tanpa harus melalui proses login terlebih dahulu.

BACA JUGA:Cara Top Up Saldo DANA Melalui BCA, Mudah dan Cepat

Tidak seperti sistem milik bank, sistem milik blockchain berbeda karena mereka menggunakan semua teknologi yang telah berhasil diimplementasikan dalam blockchain, semua data, informasi, dan bahkan dana yang diberikan pengguna tidak jatuh ke tangan orang lain tanpa sepengetahuan pengguna.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: